25.4 C
Jakarta
Saturday, April 13, 2024

CATEGORY

Opini

Koruptor Tambang Adalah Teroris Ekologis

RAMADAN tahun ini diwarnai kegemparan publik atas korupsi sektor pertambangan yang mencapai Rp 271 triliun. Apalagi melibatkan pesohor dan crazy rich. Apresiasi pun diberikan kepada Kejaksaan Agung yang membongkar skandal korupsi tata niaga di wilayah izin usaha pertambangan PT Timah Tbk sepanjang 2015–2022.

Berpikir (Tidak) Merdeka di Kurikulum Merdeka

KURIKULUM Merdeka resmi menjadi kurikulum nasional (Jawa Pos, 28 Maret 2024), rasanya bukan sebuah berita yang mengejutkan. Perubahan tersebut sudah diduga sejak awal. Apalagi di dunia pendidikan, sudah dirasakan sejak awal bahwa kurikulum yang dicanangkan dengan mimpi besar itu akan menjadi kurikulum nasional.

Gencatan Senjata Gaza: Repetisi Afsel?

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (25/3) akhirnya berhasil meloloskan resolusi yang menyepakati gencatan senjata untuk mengatasi konflik Palestina-Israel yang berlangsung hampir tujuh bulan. Dan menimbulkan puluhan ribu korban jiwa. Salah satu penentu keberhasilan tersebut adalah abstainnya Amerika Serikat (AS).

Evaluasi Peraturan Pencalonan Peserta Pilpres Menuju Demokrasi Berperadaban

BERGULIRNYA Permohonan atas sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum kian menjadi sorotan masyarakat luas.

Pisau Bermata Dua Pelaksanaan Magang Kerja

DUNIA pendidikan digemparkan dengan ribuan mahasiswa yang seharusnya magang di luar negeri justru terindikasi jadi korban tindak pidana perdagangan orang/TPPO (Jawa Pos, Maret 2024). Pelaksanaan magang memang bak pisau bermata dua

THR, dari Normatif ke Kesadaran Etis

PEMBERIAN tunjangan hari raya (THR) menjadi perhatian khusus pemerintah jelang Lebaran. Mengacu PP Nomor 14 Tahun 2024, pemerintah telah resmi mengumumkan bahwa THR dan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) bakal cair 100 persen tahun ini. Selama empat tahun sebelumnya pemberian ini memang tidak penuh mengingat adanya dampak pandemi Covid-19.

Menggagas Oposisi Nonbiner

ADA ironi keputusan para elite pasca penetapan hasil Pemilu 2024. Arah posisi politik elite terhadap pemenang pemilu sulit dijangkau rakyat. Keputusan mengenai bergabung dalam koalisi atau memilih oposisi seolah hanya domain kalkulasi elite.

Presiden Dapur

SATU-satunya yang begitu menarik perhatianku ketika berhasil meloloskan diri dari kerumunan untuk masuk ke rumah Runn ialah tiga sstoples kaca berisi kimci yang terletak dalam kulkas yang pintunya telah terbuka.

Cendekiawan Plin-plan

HIRUK PIKUK pilpres bakal berakhir dengan rencana penetapan rekapitulasi hasil pemilu pada 20 Maret ini. Mengakhiri salah satu babak demokrasi ini, banyak orang yang ternganga mulutnya saat menyaksikan berbagai ulah para cendekiawan.

Etika Pengeras Suara dan Kerja Otak

SURAT edaran (SE) Kementerian Agama tentang pengaturan penggunaan pengeras suara di tempat ibadah, baik di masjid maupun musala, menjadi perhatian publik pada awal Ramadan ini. Pro dan kontra SE tersebut selalu ada di masyarakat. Dan, itu menjadi bukti hidupnya demokrasi di negeri kita.

Berita Terbaru