27.3 C
Jakarta
Monday, March 4, 2024

CATEGORY

Humanoria

Cinta Absurd di Sekitar Yamato dan Kematian Mallaby

Bukan kekalahan Jepang di Perang Dunia II yang membuat hati Qomar berbunga-bunga. Bukan pula karena Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bukan itu! Bunga-bunga tumbuh di kepala Qomar saat berkenalan dengan Hanum, beberapa hari sebelum peristiwa perobekan bendera di Hotel Yamato

Suksesi-Suksesi

Kekuasaan –yang sebenarnya tak kokoh dan gampang terusik– sedang dibangun! Artinya, perang baru dimulai:

Kalah Takut

SAYA kalah pintar dengan Hendriyanto. Kami satu pesawat ke jurusan Jeddah. Juga satu jurusan dari Jeddah ke Madinah. Sama-sama pula naik kereta cepat.

Tersiksa Jendela

LIHATLAH foto itu: satu penumpang menghadap ke depan. Dua lainnya menghadap ke belakang. Di pesawat berbadan lebar jurusan Abu Dhabi–Jeddah dua hari lalu.

Depan Belakang

''Pilih yang mana?'' Saya diminta masuk ke dalam counter check in: agar bisa melihat layar komputer di meja petugas. Ada denah susunan kursi di layar itu. Banyak kursi sudah terisi.

Risang Bima

COPET-copetan belum selesai. Bahkan ada pencopet yang kemudian dirampok. Tapi semuanya akan selesai dengan damai. Tanggal 20 Maret depan hasil Pemilu harus diumumkan.

Kepentingan Umum

DUA capres didukung oleh pemilik media yang begitu besar. Dua-duanya gagal masuk putaran dua. Satu capres lagi tidak didukung pemilik media: perolehan suaranya mengejutkan, 60 persen.

Kompleksitas Elektoral Pemilu 2024

KITA berada di pemilu dengan konteks yang berubah dan berbeda dengan pemilu sebelumnya. Fenomena Pemilu 2024 ditandai dengan menguatnya pemilih milenial yang jumlahnya mencapai 56 persen (%) dan pertumbuhan pemilih rasional 28%.

Food Estate

Intensifikasi atau food estate? Tergantung tujuannya. Untuk jangka pendek: intensifikasi.

Beras Bansos

Baru sadar: sudah 15 tahun terakhir saya pun harus memuji nasi di semua resto di Tiongkok. Punel. Wangi. Yang seperti itu dulu hanya saya temui di Jepang. Lalu di Korea. Kini Tiongkok ikut selera nasi Jepang.

Berita Terbaru