34.6 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

CATEGORY

Art Space

Edisi Kedua Pameran tENg: Haus Akan Hiburan Berbeda

PAMERAN masih menempati Sanggar Lukis Sholihin di Taman Budaya Kalsel, Jalan Hasan Basry, Banjarmasin Utara. Berbeda dari edisi perdana yang dihelat pada 14 Maret sampai 7 April 2024 lalu, ruang utama yang memajang puluhan karya itu sekarang disekat-sekat.

Seni Tak Lagi Dipandang Eksklusif

FOUNDER dan CEO Ganara Art Tita Djumaryo mengakui, tren ikut workshop di art space membuatnya bangga. Apa pun alasannya, tren tersebut meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap seni. Artinya, seni tidak lagi menjadi sesuatu yang eksklusif atau milik kalangan tertentu.

Sisi Lain God Bless yang Diusulkan Keliling Indonesia

Band legendaris Indonesia God Bless tahun lalu menggelar konser akbar penanda usia setengah abad. Dalam kurun waktu tersebut, beragam kisah dan karya berupa album pun lahir. Awal tahun ini di Galeri Nasional, God Bless muncul dalam wajah ’’seni’’ lain di luar seni musik.

Dari Pameran Cerita Kaca: Perjalanan Seni Lukis Kaca Indonesia

Pada dunia seni rupa kiwari, pameran yang menghadirkan karya seni lukis di kaca mungkin sangatlah jarang. Sebab, menggambar di kaca butuh keterampilan khusus perupanya, yakni "logika terbalik", melawan stigma seni lawas, serta pasar yang sepi.

Doa di Hari Pemilu

Di hari pemilu ini, mari kita nyanyikan lagu kebangsaan agar kebersamaan tumbuh agar damai di hati Segala gaduh akan runtuh segala dengki akan teratasi Duduk bersama saling mengayuh berjabatan tanda persahabatan senyum dan tawa bersama memakmurkan bumi pertiwi

Pameran Prolog: Adisatria Adiluhung, Menjembatani Seni dan Awam

Pada 2023, Victor Adiluhung Abednego menutup tahun dengan melaksanakan pameran tunggal pertamanya. Perhelatan bertitel Prolog: Adisatria Adiluhung itu menampilkan seratusan wajah pahlawan super. Victor ingin membuktikan, pameran bisa asyik, seru, dan dinikmati siapa pun, apa pun latar belakangnya.

Commissioning Art Museum Bahari Instalasi Laut Halaman Rumah, Sebuah Memoar Kesadaran Maritim

MASUK ke Museum Bahari Jakarta, pengunjung langsung disambut dengan sebuah seni instalasi gigantik. Dengan ukuran 3 x 4 meter, karya itu menggambarkan anak-anak sedang berlari dan bermain di pinggir pantai. Tergurat kegembiraan. Namun, nuansa hitam legamnya seakan menyindir setiap orang yang mengerdilkan laut. Apalagi dengan dominasi nuansa jaring-jaring sobek itu.

Sulam Silam: Pameran dalam Stoples

Dalam setahun, pameran di Kota Banda Aceh dapat dihitung dengan jari. Biasanya diadakan di tempat-tempat pemerintah seperti Museum Aceh, Museum Tsunami, taman budaya, atau ruang-ruang komunitas.

Pameran Tunggal Oky Rey Montha: Mengarungi Kembali 15 Tahun Perjalanan Artistik

Dalam pameran tunggal ini, seniman Oky Rey Montha melakukan kilas balik perjalanan artistiknya. Ada hal-hal yang baru disadari saat ini. Dan, hal itu kemudian memperkaya setiap karya-karyanya.

48 Pelukis Wanita Jawa Timur Berbagi Keindahan di Ruang Bawah Tanah

Sebanyak 43 perupa dengan 88 karya lukisan dipamerkan di ruang bawah tanah Alun-Alun Surabaya. Puluhan lukisan tersebut berasal dari karya Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI) Jawa Timur dengan berbagai karya lukisan.

Berita Terbaru