Site icon Prokalteng

Lima Makanan Murah dan Bergizi yang Dapat Mencegah Stunting

Makanan yang Dapat Mencegah Stunting./Freepik

Stunting terjadi ketika pertumbuhan tinggi balita tidak sesuai dengan tinggi ideal di usianya.Perlu diketahui bahwa penyebab utama dari stunting yaitu karena kurangnya asupan gizi yang seimbang dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, orang tua harus memberikan asupan gizi yang seimbang agar anak tidak terkena stunting.Orang tua dapat memberikan makanan-makanan lokal yang tersedia di pasar, seperti ayam, telur, tempe, dan lainnya.

Makanan tersebut tidak hanya murah meriah, tetapi juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama untuk anak-anak.Berikut ini merupakan lima makanan yang murah dan bergizi yang dapat mencegah stunting yang dilansir dari laman halodoc dan kemenkes pada Kamis (17/10).

  1. Telur

Makanan pertama yang dapat dikonsumsi untuk mencegah stunting, yaitu makanan telur. Hal ini karena telur mengandung asam amino yang baik untuk tubuh ibu dan bayi. Telur juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan otak bayi. Namun, perlu diketahui bahwa mengkonsumsi telur harus dalam keadaan matang agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

  1. Hati Ayam

Selanjutnya, yaitu hati ayam karena mengandung protein yang lebih tinggi dari daging ayam. Tak hanya mengandung protein, hati ayam juga cenderung rendah kalori, sehingga asupan hati ayam akan membuat kenyang lebih cepat dan bertahan lebih lama.Selain itu, hati ayam juga mengandung vitamin B yang sangat baik untuk ibu hamil dan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  1. Tempe dan Tahu

Makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk mencegah stunting, yaitu makanan tempe dan tahu.Perlu diketahui, bahwa setiap 100 gram tempe mengandung sebesar 14 gram protein. Sedangkan, di dalam 100 gram tahu mengandung sebesar 10,9 gram protein.Untuk itu, tempe dan tahu sangat baik untuk dikonsumsi bagi anak-anak agar dapat mencegah stunting.

  1. Ikan Kembung

Diketahui bahwa ikan kembung menjadi salah satu ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang sama seperti ikan salmon.Oleh karena itu, sangat disarankan untuk konsumsi ikan kembung karena memiliki rasa yang enak serta kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama dalam mencegah stunting.

  1. Sayuran

Sayuran menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk tubuh, karena dapat mencegah stunting.Kamu dapat mengkonsumsi sayur bayam atau kacang panjang ke dalam menu harian. Diketahui bahwa sayur bayam dapat melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan tulang dan gigi.

Sedangkan kacang panjang berkhasiat sebagai sumber protein, menyeimbangkan gula darah, dan menurunkan risiko terkena obesitas.Nah itu dia informasi mengenai lima makanan yang murah dan bergizi yang dapat mencegah stunting.(jpc)

Exit mobile version