Site icon Prokalteng

Gubernur Sugianto Sabran Kirimkan TRC dan Ribuan Paket Bapok untuk Korban Banjir di Mura

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran didampingi Plt Sekda Kalteng Katma F Dirun beserta jajaran perangkat daerah saat berbincang dengan TRC Pemprov Kalteng di Kantor Gubernur Kalteng, Senin (21/10). (HAFIDZ/PROKALTENG.CO)

PALANGKA RAYA, PROKALTENG.CO – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengirimkan tim reaksi cepat (TRC) Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan ribuan paket bahan pokok (bapok) makanan untuk warga yang terdampak banjir di Kabupaten Murung Raya.

“Bantuan kemarin 1000 paket. Sekarang 4000 paket yang dikirim. Yang terdampak 5279 KK (Kepala Keluarga),” ujarnya Sugianto Sabran di Kantor Gubernur setempat, Senin (21/10).

”Kita minta tanggap dan coba pertama pembentukan dapur umum di daerah terdampak banjir. Usahakan agar dibantu maksimal, dapur umum dibentuk, tim kesehatan dikirim untuk membantu kabupaten,”ujarnya.

Dengan demikian, dia meminta agar memaksimalkan bantuan untuk korban banjir di Murung Raya.

“Kita maksimalkan bantuan di daerah banjir, kami juga mengantisipasi di daerah Pulang Pisau, dan Kapuas. Nanti kita antisipasi, di daerah bawah biasanya paling lama,” katanya.

Orang nomor satu di Kalteng menekankan pentingnya bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir dan penanganan pasca banjir. ”Pasca banjir itu penting, seperti obat-obatan,” bebernya.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logisitik Badan Penannggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng Alpius Patanan menyebut sebanyak puluhan anggota TRC yang dikirimkan ke wilayah yang terdampak banjir di Kabupaten Murung Raya.

”Arahan pak gubernur, semua yang terdampak di KK itu dikasih di luar dapur umum,” ujarnya.

Dia menerangkan, satu paket bahan pokok makanan tersebut berisikan 15 kilogram beras, mie 10 bungkus, sarden, gula, dan kopi.

”Dukungan evakuasi distribusi langsung ke masyarakat. Kesehatan juga berangkat cuma sudah umum. Dapur 5 yang sudah didirikan kabupaten. Kami mendukung 2 lokasi lagi,” jelasnya. (hfz/hnd)

Exit mobile version