Site icon Prokalteng

Pemko Palangka Raya Luncurkan Kendaraan Operasional Pengendali Inflasi

Peluncurkan mobil operasi pasar murah oleh Pemko Palangka Raya. (Foto : Ist)

PALANGKARAYA, PROKALTENG.CO – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM Perdagangan (DPKUKMP) meluncurkan kendaraan operasional pengendali inflasi, Kamis (8/8/2024).

Peluncuran ini menandai langkah strategis Pemko dalam menghadapi tantangan inflasi yang berpotensi memengaruhi stabilitas harga kebutuhan pokok di daerah tersebut.

Kendaraan operasional yang diluncurkan terdiri dari mobil truk box yang diberi nama ‘Garda Pengendali Inflasi’ dan mobil operasi pasar murah sembako.

Kendaraan ini akan digunakan oleh Tim Penggerak Inflasi Daerah Palangka Raya untuk mendistribusikan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau langsung ke pemukiman warga.

Kepala DPKUKMP Palangka Raya, Samsul Rizal, menjelaskan kendaraan ini akan dioperasikan di berbagai kelurahan, khususnya di wilayah yang rentan terhadap gejolak harga pangan.

“Mobil ini ditujukan untuk dioperasikan di kelurahan-kelurahan atau pemukiman warga yang terintervensi baik beras SPHP maupun beras lain,” ujar Samsul Rizal.

Dia menambahkan bahwa operasional kendaraan ini, diharapkan dapat memperluas akses masyarakat terhadap kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, serupa dengan yang ditawarkan di gerai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Dengan demikian, masyarakat yang kesulitan mengakses pasar tradisional atau gerai TPID dapat tetap memenuhi kebutuhan pokok mereka tanpa beban tambahan.

Selain itu, Samsul menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan distribusi sembako melalui kendaraan ini berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

“Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemko Palangka Raya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*ndo/hnd)

Exit mobile version