Site icon Prokalteng

Bertarung di Pilkada Lamandau, Rizky Tergetkan Borong Parpol

Rizky Aditya Putra

NANGA BULIK,PROKALTENG.CO – Satu bulan menjelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau pada Agustus 2024, bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Rizky Aditya Putra-Abdul Hamid terus bergerilya mencari dukungan koalisi dari sejumlah partai politik (parpol).

Tidak tanggung-tanggung, bakal calon Bupati Rizky Aditya Putra, menargetkan untuk memborong semua parpol di DPRD Lamandau, di luar Partai Golkar yang sudah pasti mengusung Hendra Lesmana.

Hal tersebut merupakan ambisi Rizky untuk membangun koalisi gemuk dalam menghadapi petahana yang saat ini sudah mengantongi 10 dari total 25 kursi keterwakilan di DPRD Lamandau.

“Terkait (surat rekomendasi) rekom terus berproses, insya Allah kami pastikan PPP, Demokrat dan Gerindra (satu koalisi) di Rizky-Hamid,” kata Rizky, Selasa (16/7) kemarin.

Seperti diketahui, untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Lamandau, memerlukan keterwakilan paling sedikit 5 kursi di DPRD sebagai syarat dukungan pencalonan jalur parpol.

Rizky yang merupakan kader Partai Gerindra berpasangan dengan Abdul Hamid yang menjabat sebagai Ketua PPP Kabupaten Lamandau. Mereka yakin pihaknya akan mendapatkan rekomendasi dari dua partai tersebut.

Saat ini, Rizky-Hamid sudah mengantongi surat tugas dari Partai Nasdem dan PDIP yang nantinya akan bergabung dengan koalisi yang ia bangun.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2024 di Kabupaten Lamandau, hanya meloloskan enam partai politik pada pemilihan legislatif untuk DPRD Kabupaten Lamandau.

Enam partai tersebut terdiri dari Golongan Karya (Golkar) dengan 10 kursi, disusul Gerindra 5 kursi, Nasdem 4 kursi, P D I Perjuangan 3 kursi, dan PPP 2 kursi serta Demokrat 1 kursi. (lan/ens/kpg)

Exit mobile version