Site icon Prokalteng

Pemprov Kalteng Matangkan Persiapan MTQ VII Nasional Korpri di Palangka Raya

Asisten Ekobang, Sri Widanarni. Menghadiri rapat pertemuan panitia MTQ Korpri dengan tim teknis panitia pusat di Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Senin (14/10/2024).(FOTO : BIROADPIM KALTENG)

PROKALTENG.CO – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2024, akan dihelat pada tanggal 3-10 November 2024 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

MTQ Korpri merupakan hajatan besar 2 tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Korpri Nasional, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sebagai tuan rumah.

MTQ I Korpri Tahun 2012 digelar di Sulawesi Selatan, MTQ II Korpri Tahun 2014 di Aceh, MTQ III Korpri Tahun 2016 di Kalimantan Timur, MTQ IV Korpri Tahun 2018 di DKI Jakarta, MTQ V Korpri Tahun 2021 di Sulawesi Tengah dilaksanakan secara virtual karena Covid-19, dan MTQ VI Korpri Tahun 2022 di Sumatera Barat.

MTQ VII Korpri dengan 10 lokasi venue di Palangka Raya, Kalteng diperkirakan menjadi MTQ Korpri terbesar, karena dikuti lebih dari 100 kafilah dari 38 Provinsi dan 76 Kementerian/Lembaga dengan estimasi sekitar 3.000 peserta.

Dalam rangka memantapkan pelaksanaan MTQ VII Korpri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menggelar Rapat Pertemuan Panitia MTQ Korpri dengan Tim Teknis Panitia Pusat di Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Senin (14/10/2024).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekobang) Sri Widanarni dalam rapat hari ini berharap MTQ VII KORPRI di Palangka Raya, Kalteng dapat terlaksana dengan baik. “Semoga kegiatan MTQ itu nanti bisa terlaksana terselenggara dengan baik dan lancar di Kalimantan Tengah,” harapnya.

Ia pun menekankan keberhasilan penyelenggaraan MTQ ini memerlukan koordinasi yang baik semua pihak terkait.

“Tentunya kita perlu koordinasi secara maksimal baik itu Panitia Daerah dan Panitia Pusat dan seluruh Panitia untuk bisa mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang harus kita lakukan dalam rangka kesiapan kegiatan akbar yang akan dilaksanakan pada Bulan November nanti,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Mental Spiritual Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Eka Dyan S. Hadi mengungkapkan Pemerintah Daerah akan menyiapkan hadiah Umroh bagi Panitia, Kafilah, dan Dewan Hakim yang beruntung.

Terkait estimasi jumlah Kafilah, Eka mengatakan jumlah Kafilah sampai dengan hari ini tercatat sebanyak 503 orang dari Kementerian/Lembaga dan 721 orang dari Provinsi, sehingga total jumlah Kafilah hingga saat ini tercatat sebanyak 1.224 orang dari 21 Provinsi dan 31 Kementerian/Lembaga.

MTQ VII Korpri sendiri akan memusabaqahkan 9 Cabang dan 30 Golongan, yakni Cabang Tilawah Al Qur’an, Tartil Al Qur’an, dan Hifzh Al Qur’an yang terdiri dari Golongan Juz 30 (Juz Amma), Surah Al Baqarah, Surah Ali Imran, Surah An Nisa, dan 7 Surah Pilihan.

Selanjutnya, Cabang Dakwah Al Quran dan Khath Al Quran yang terdiri dari Golongan Dekorasi, Lukis Kontemporer dan Digital Klasik, serta Golongan Digital Kontemporer, ditambah  Cabang Adzan, Khutbah Jumat, dan Doa, serta Cabang Makalah Ilmiah Al Quran. (hfz)

Exit mobile version