Site icon Prokalteng

Wujudkan Program Inovatif Dukung Perkembangan Ekonomi Syariah

Kegiatan Pelantikan Pengurus MES Kalteng di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (9/10/2024).(IST)

PALANGKA RAYA, PROKALTENG.CO – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, Katma F. Dirun, mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam mewujudkan program-program inovatif guna mendukung perkembangan ekonomi syariah di Kalteng.

Ajakan tersebut disampaikannya dalam acara pelantikan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalteng periode 1446-1451 Hijriyah (2024-2029 Masehi) di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (9/10/2024).

Katma F. Dirun meyakini bahwa sinergi antara Pemerintah Daerah dan MES akan menjadi fondasi yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Dengan sinergi yang kuat, kita bisa menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, demi terwujudnya Kalimantan Tengah yang semakin Berkah,” ujarnya.

Sekretaris 4 Pengurus Pusat MES, Teguh Santosa, juga berharap agar Pengurus Wilayah MES Kalteng dapat merancang program kerja yang sejalan dengan kebijakan Pengurus Pusat MES.

Menurutnya, hasil rapat konsolidasi Wilayah MES Se-Kalimantan yang berlangsung pada September 2024 di Pontianak telah menghasilkan beberapa program strategis yang akan dilaksanakan di tingkat Kalimantan dan nasional.

Salah satu program tersebut adalah penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan sertifikasi halal bagi UMKM, serta pelatihan peningkatan kapasitas pelaku UMKM dan pendampingan sertifikasi halal.

“Program ini diharapkan tidak hanya berorientasi pada target jangka pendek, namun memberikan dampak berkelanjutan bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Kalimantan Tengah,” jelas Teguh.

Ketua Umum MES Kalteng, Norhani, menyatakan bahwa fokus utama mereka adalah pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis syariah serta meningkatkan literasi masyarakat mengenai sistem ekonomi syariah. Ia menekankan pentingnya membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan ekonomi syariah melalui kemitraan strategis.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan bersama-sama mengawal perkembangan ekonomi syariah di daerah kita tercinta,” imbuhnya. (hfz)

Exit mobile version