Site icon Prokalteng

Pemko Ikut Gencarkan Upaya Pengendalian Inflasi Daerah

Rapat koordinasi pengendalian inflasi oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, Senin (7/10/2024). (Prokompim Kota Palangka Raya)

PALANGKA RAYA, PROKALTENG.CO  – Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu diwakilkan oleh Plh. Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Arbert Tombak, mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Rapat yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah di Indonesia itu, dilaksanakan secara virtual, Senin (7/10/2024).

“Pentingnya langkah-langkah preventif untuk mengendalikan inflasi. Mencegah inflasi jauh lebih baik daripada harus mengendalikan inflasi yang sudah tinggi. Oleh karena itu, saya meminta seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk proaktif dalam upaya pencegahan,” ucap Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian saat memimpin rapat tersebut.

Tito Karnavian juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah berperan aktif dalam menjaga kestabilan inflasi.

“Kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah sangat penting untuk mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok di tengah tantangan ekonomi global yang tidak menentu,”ujarnya.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas berbagai langkah strategis yang dapat diambil oleh pemerintah daerah untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang pokok di pasaran. Salah satu poin penting yang diangkat adalah perlunya pengawasan lebih ketat terhadap distribusi bahan pangan, agar tidak terjadi kelangkaan yang bisa memicu kenaikan harga.

Keikutsertaan Pemko Palangka Raya dalam rapat ini, telah menunjukkan komitmen daerah dalam mendukung program pemerintah pusat dalam menjaga stabilitas ekonomi, khususnya dalam hal pengendalian inflasi. (*ndo/hnd)

Exit mobile version