Site icon Prokalteng

Tetap Berkomitmen Dukung Pelestarian Kebudayaan Daerah

Kuwu Senilawati

PALANGKARAYA, PROKALTENG.CO  – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) , Kuwu Senilawati. Tetap berkomitmen untuk mendukung pelestarian Kebudayaan daerah.

Dirinya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menjaga serta melestarikan budaya yang telah ada secara turun temurun, sebagai warisan dari nenek moyang terdahulu.

Kuwu mengatakan, ada sejumlah daerah yang berhasil menjadikan budayanya sebagai instrumen utama pembangunan daerah. Seperti Bali. Hal tersebut perlu diteladani agar budaya Kalteng tetapi lestari dan mewarnai seluruh aspek pembangunan Provinsi ini.

“Kita sebagai masyarakat Kalteng harus bangga terhadap warisan seni dan budaya. Kita juga harus memberikan perhatian, khususnya untuk memastikan bahwa seni dan budaya daerah kita tetap terjaga dan dikenal luas. Jangan sampai kesenian dari nenek moyang yang kita banggakan ini malah punah tergerus zaman karena kurangnya perhatian dari masyarakat,” katanya, baru-baru ini.

Dari berbagai pelaksanaan kegiatan kebudayaan yang ada di Kalteng selama ini, dia mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk mengikuti dan mendukung berbagai acara, baik yang terselenggara di Kota Palangkaraya maupun di Kabupaten masing-masing. Menurutnya, dukungan dari masyarakat adalah kunci untuk melestarikan budaya lokal.

“Keterlibatan masyarakat sangat penting. Tanpa dukungan mereka, upaya pelestarian budaya tidak akan berhasil. Pastinya kegiatan-kegiatan itu tidak hanya bertujuan untuk menghibur saja, tetapi juga sebagai sarana mengedukasi generasi muda tentang pentingnya menjaga warisan budaya. Jangan lupa juga, kreativitas dan inovasi dari para seniman lokal, sangat penting untuk menjaga agar kesenian tradisional tetap hidup dan relevan di era modern ini,” pungkasnya.(hfz)

Exit mobile version