Site icon Prokalteng

Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ilustrasi kulit berminyak. (Elemis)

Kulit berminyak adalah akibat dari produksi sebum yang berlebihan dari kelenjar sebaceous, yang terletak di bawah permukaan kulit.Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak, yang berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit serta menjaga kilauan rambut.Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

Mengelola kulit berminyak dan jerawat bisa menjadi tantangan. Meski begitu, ada beberapa solusi rumahan yang dapat membantu mengurangi gejala tanpa harus menggunakan obat resep atau perawatan kulit yang mahal.

Dilansir dari laman healthline.com, Selasa (8/10), terdapat beberapa cara yang dapat membantu mengurangi minyak pada kulit, mulai dari menggunakan bahan alami seperti madu dan lidah buaya hingga mengubah kebiasaan sehari-hari seperti menghindari makanan berminyak.Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi kulit berminyak yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Cuci wajah secara rutin

Meski terdengar sederhana, banyak orang dengan kulit berminyak tidak mencuci wajahnya setiap hari.Jika Anda memiliki kulit berminyak, cucilah wajah dua kali sehari, tetapi jangan terlalu berlebihan. Hindari sabun atau deterjen yang keras. Gunakan sabun lembut seperti sabun gliserin sebagai gantinya.

  1. Kertas minyak (blotting papers)

Kertas minyak tipis ini tidak dapat mencegah kelenjar sebaceous memproduksi minyak berlebihan, tetapi dapat membantu menyerap kelebihan minyak di wajah dan mengurangi kilap.Kertas minyak mudah didapat dan harganya terjangkau. Gunakan sesuai kebutuhan sepanjang hari.

  1. Madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang paling efektif untuk perawatan kulit. Dengan sifat antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat membantu kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat.Madu juga merupakan humektan alami, yang membantu menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya berminyak.Untuk penggunaannya, oleskan lapisan tipis madu mentah di wajah, biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Clay kosmetik

Clay kosmetik, seperti French green clay, sering digunakan untuk menyerap minyak kulit dan mengatasi berbagai kondisi kulit.French green clay sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat karena kemampuannya yang tinggi untuk menyerap minyak.

Untuk membuat masker clay, campurkan air saring atau air mawar dengan satu sendok teh clay hingga membentuk pasta. Oleskan ke wajah, biarkan kering, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Oatmeal

Oatmeal dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih.Selain itu, oatmeal juga berfungsi sebagai eksfoliator alami. Campurkan setengah cangkir oatmeal dengan air panas hingga membentuk pasta, lalu tambahkan satu sendok makan madu.Pijat lembut ke wajah selama tiga menit, bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan menepuk lembut.

  1. Putih telur dan lemon

Kombinasi putih telur dan lemon dipercaya dapat mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon juga dapat membantu menyerap minyak. Namun, hindari jika Anda memiliki alergi telur.Campurkan satu putih telur dengan satu sendok teh jus lemon, oleskan ke wajah, biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Almond

Almond yang dihaluskan tidak hanya membantu mengangkat sel kulit mati tetapi juga menyerap minyak berlebih.Untuk membuat scrub wajah, haluskan almond mentah hingga menjadi bubuk halus, lalu tambahkan dua sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar, bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan lembut.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal untuk menenangkan kulit yang terbakar dan mengatasi kondisi kulit lainnya.Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk mengatasi kulit berminyak. Oleskan lapisan tipis lidah buaya sebelum tidur dan biarkan semalaman. Namun, lakukan uji coba pada kulit untuk memastikan tidak ada reaksi alergi sebelum pemakaian rutin.

  1. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang biasa digunakan untuk perawatan jerawat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat.Campurkan satu sendok teh gula dengan pulp tomat, oleskan ke kulit dengan gerakan melingkar, biarkan selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Minyak jojoba

Meskipun terdengar bertentangan, minyak jojoba merupakan pengobatan tradisional untuk kulit berminyak. Jojoba dianggap meniru sebum pada kulit, sehingga “menipu” kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih sedikit sebum. Meski belum ada bukti ilmiah yang kuat, beberapa studi menunjukkan bahwa masker clay yang dipadukan dengan minyak jojoba dapat membantu mengatasi jerawat ringan.(jpc)

Exit mobile version