Site icon Prokalteng

Tim Perumus Rancangan Desain Olahraga Daerah Kalteng Bahas Sejumlah Cabor Usulan

Kegiatan Rakor terkait Perancangan DOD Kalteng di Palangkaraya, Sabtu (22/6/2024). (IST)

PALANGKARAYA, PROKALTENG.CO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng kembali menggelar rapat koordinasi (Rakor) mengenai perancangan Desain Olahraga Daerah (DOD) Provinsi Kalteng di Palangkaraya, Sabtu (22/6/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalteng ini untuk menentukan dan merumuskan rancangan DOD tersebut untuk pengembangan olahraga yang tersusun kedepanya dalam sebuah naungan payung hukum atau peraturan daerah.

Sejumlah penggiat kepengurusan olahraga, KONI Kalteng dan lainnya berembuk untuk melaksanakan rapat koordinasi perumusan awal dalam rancangan DOD.

Kepala Bidang Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Kalteng, Adi Nur Fajar, menyampaikan dari hasil koordinasi dibuat sebuat tim perancangan kecil dalam perancangan DOD.

Dari hasil awal tersebut, tambah Adi, tim perumus tersebut akan membawa dan berangkat ke Daerah Yogja untuk studi banding atau kaji banding, di mana Yogja sudah membuat payung hukum terkait DOD.

“Pemerintah Provinsi mencoba merancang Peraturan Daerah tentang DOD dalam upaya membuat payung hukum terkait olahraga. Hal tersebut secara bertahap dilakukan untuk dapat membuat payung hukum keolahragaan di wilayah Kalimantan Tengah. Nantinya setelah tim perumus menghasilkan berbagai masukan, hal itu akan kami bawa saat studi banding ke Yogja untuk melihat lebih jauh. Nantinya akan disesuaikan sesuai kondisi daerah Kalteng,” kata Adi Nur Fajar.

Selain Dispora Kalteng, tim perumus yang terdiri dari KONI Kalteng, KORMI, NPC, SIWO PWI, Kadin, Biro Hukum, Inspektorat, Akademisi dan lainya, untuk mendapatkan masukan dan saran terkait berbagai Gambaran potensi olahraga dalam membuat Peraturan Gubernur dan Peraturan Daerah.

Kegiatan selama satu hari tersebut juga mendapatkan butir butir rumusan awal yang nantinya akan dibawa untuk study banding untuk membuat produk payung hukum keolahragaan di daerah Kalteng.

“Dari hasil rumusan ini kami akan bawa bersama tim study banding, lalu tersusun draf dan matangkan drafnya untuk dapat dilakukan penyusunan peraturan dan aturan aturanya. Semoga tahun 2024 ini dapat tersusun dalam rumusan rancangan DOD tersebut dan harapanya dapat semua tersusun dengan pas sesuai masukan semua,” sebut Adi Nur Fajar.

Direncanakan dalam waktu dekat tim perancang akan melakukan kaji banding untuk mendapatkan berbagai masukan dan menelaah dari hasil perumusan tersebut dapat dituangkan dalam sebuah draf awal dalam penyusunan dalam Peraturan. (hfz)

Exit mobile version