Site icon Prokalteng

Turun ke Sawah, Anies Baswedan Tampung Banyak Keluhan Petani

Anies Baswedan

PROKALTENG.CO-Sejumlah kelompok tani (poktan) di wilayah Klaten, Jawa Tengah, kemarin (5/11) mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), pasangan bacapres-bacawapres Koalisi Perubahan. Muhaimin hadir langsung dalam deklarasi itu.

Kegiatan tersebut digelar di Desa Mrisen, Kecamatan Juwiring. Muhaimin yang juga ketua umum PKB datang dengan mengenakan caping. Dia pun berdialog gayeng dengan para petani di tengah sawah, sembari menikmati suguhan kelapa muda. “Saya datang ke sini untuk mendengar biar nanti kalau terpilih tidak salah langkah dalam mengambil keputusan,” ujar wakil ketua DPR RI itu.

Banyak keluhan yang disampaikan petani selama diskusi itu. Di antaranya, masalah air yang kerap muncul saat musim kemarau. Para petani juga menceritakan masalah ketersediaan dan harga pupuk, serta kurangnya pembinaan bagi petani untuk dapat meningkatkan kesejahteraan.

Mendengar keluhan tersebut, Muhaimin berkomitmen untuk dapat menjawab persoalan para petani dengan memerhatikan sumber daya manusia (SDM) pertanian. Bahkan, dia berjanji akan memberikan beasiswa khusus untuk keluarga petani. “Tapi, dengan syarat, pulang kampung (harus) mengelola pertanian,” kata politikus kelahiran Denanyar, Jombang, itu.

Di sisi lain, kemarin bacapres Anies Baswedan menghadiri acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Makassar. Anies yang juga menjadi narasumber berdialog dengan peserta tentang beberapa isu. Misalnya, terkait pertumbuhan ekonomi dan pendidikan.

Mantan menteri pendidikan itu memaparkan pentingnya peran ilmuwan dalam penyusunan kebijakan pemerintah. Peran itu harus dikembalikan dan menjadi kompas dalam menyusun kebijakan-kebijakan. “Kami melihat teknokrat dan proses teknokrasi sering kali atau akhir-akhir ini tidak diletakkan di depan dalam proses penyusunan kebijakan,” tegasnya. (tyo/jpg/rom/k16/hnd)

Exit mobile version