Site icon Prokalteng

Kodim 1017/ Lamandau Gelar Upacara HUT ke –79 TNI

Dandim 1017/Lmd Letkol Arm. Ari Sugiharto saat menjadi inspektur upacara di halaman Makodim Lamandau, Sabtu (5/10). (FOTO: BIB/PROKALTENG.CO)

NANGA BULIK, PROKALTENG.CO – Upacara peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) berlangsung khidmat di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1017/Lamandau, Sabtu (5/10/2024). Dandim 1017/Lmd Letkol Arm. Ari Sugiharto, bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara yang diikuti siswa sekolah di Kabupaten Lamandau, ASN, anggota Polri, serta TNI ini, diawali dengan laporan dari komandan upacara. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh inspektur upacara, serta hening cipta dan pengucapan Sapta Marga.

Dandim 1017/Lmd mengatakan, bahwa Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan peringatan HUT TNI kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

Tema ini, menurutnya dianggap relevan dengan cita-cita TNI untuk menjadi prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Tema ini menggarisbawahi peran penting prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara yang bertanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia maju,” kata Dandim.

Menurutnya, Panglima TNI menekankan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan kompleks. Termasuk perkembangan politik, ekonomi, dan teknologi, harus diikuti dengan penyiapan kapabilitas TNI yang memadai.

“TNI harus diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan inovatif dalam membangun institusi yang modern,” tambahnya.(bib/hnd)

Exit mobile version