Site icon Prokalteng

Halikin Bakal Perbanyak Event untuk Menampung Bakat Para Pemuda Kotim

Calon Bupati Kotim, Halikinnor saat menyapa masyarakat Kotim yang tengah berolahraga, Minggu (6/10).(FOTO : MIFTAH/KP)

SAMPIT, PROKALTENG.CO– Anak muda di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) digadang-gadang mempunyai potensi bakat yang luar biasa. Sayangnya, kerap kali para anak muda di Kotim kesulitan mencari wadah untuk mengekspresikan bakat mereka.

Kurangnya event atau komunitas, menjadi salah satu alasan bakat mereka sulit berkembang. Melihat hal itu, calon Bupati Kotim, Halikinnor, menginginkan agar anak muda Kotim bisa menuangkan bakat mereka dalam bidang apapun. Salah satu langkahnya adalah mendukung perhelatan event. Baik itu yang bersifat berlombaan, ataupun pentas. Ide cemerlang itu dinilai efektif untuk menampung bakat para pemuda Kotim.

“Rencana saya kalau masih dipercaya, kita akan perbanyak event. Karena dengan adanya event, mereka akan berlatih,” ujarnya, Minggu (6/10).

Selama ini, beberapa kegiatan positif dari kalangan muda Kotim kekurangan event untuk memacu semangat mereka. Hal itu berimbas kepada kurangnya minat berlatih. Padahal, jika hal itu didukung dengan sebuah acara, potensi besar akan muncul yang akan membawa nama harum daerah.

“Seperti silat misalnya. Saya dengar kemarin kekurangan evennya. Jadi mereka malas berlatih. Kalau ada lombanyakan mereka jadi rajin latihan,” terangnya.

Halikinnor berkaca pada kesuksesan pembinaan bakat anak melalui event yang ada pada cabang drumb band. Dari hasil pembinaan dan dukungan yang matang, anak muda Kotim berhasil meraih mendali emas, perak dan perunggu pada pegelaran olahraga bergengsi tingkat nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

“Harapan kita kan memang agar berkembang. Seperti drumband kita di PON Aceh-Sumut kemarin bisa meraih mendali emas, perak dan perunggu. Nah saya ingin semua cabang olahraga juga demikian,” tuturnya.

Untuk mewujudkan hal itu, dirinya akan menunjuk salah seorang anak muda untuk menkhodai hal tersebut. Menurutnya, Kotim tidak hanya memiliki potensi dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), akan tetapi juga fasilitas yang memadai. Sehingga ia optimis bisa membawa kemajuan bagi anak muda daerah.

“Misalnya silat kita punya potensinya. Dayung juga, kita ada sungai mentaya untuk berlatih. Nanti saya akan tunjuk salah satu anak muda untuk menakhodai ini. Karena yang faham dengan anak muda ya harus yang muda,” tutupnya. (mif/ram/kpg)

Exit mobile version