Site icon Prokalteng

Gelar Ramah Tamah, Gubernur Kalteng Serap Aspirasi Guru di Murung Raya

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat sambutan pada ramah tamah dengan tenaga pendidik dan kependidikan di rumah jabatan Bupati Murung Raya, Jumat (11/10). (MMC KALTENG)

PROKALTENG.CO – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menggelar ramah tamah dengan tenaga pendidik dan kependidikan di rumah jabatan Bupati Murung Raya, Jumat (11/10).

Gubernur mendengarkan aspirasi dari para guru dan kepala sekolah. Setelah itu, gubernur memberikan bantuan kepada guru dan kepala sekolah masing-masing perorang Rp1 juta.

Dalam arahannya, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng punya program beasiswa dan tabungan beasiswa (TABE) Berkah sebagai upaya strategis untuk meningkatkan akses pendidikan bagi mahasiswa di Kalteng.

Program TABE Berkah akan memberikan bantuan sebesar Rp7,5 juta per orang bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang strata satu (S1).

“Ditambah dengan bantuan sosial paket sembako bagi mahasiswa setiap dua bulan sekali dan juga bantuan proteinnya seperti daging sapi, daging ayam dan telur yang diberikan bergantian,” ungkapnya.

Melalui kebijakan Gubernur Sugianto Sabran, Pemprov Kalteng juga meluncurkan program kuliah gratis bagi 10.000 mahasiswa. Program ini ditargetkan bagi siswa-siswi kelas XII baik dari jenjang SMA maupun SMK di Kalteng yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tanpa biaya.

“Edukasikan program-program pendidikan ini, agar anak-anak kita dapat melanjutkan kuliah. Didik anak-anak kita untuk menjadi pemberani,” jelas Sugianto Sabran.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu pun berharap dengan memberikan akses pendidikan yang lebih luas, akan tercipta generasi muda yang lebih berpendidikan dan siap berkontribusi untuk pembangunan daerah.

Pada kesempatan tersebut, gubernur juga menginstruksikan para kepala sekolah agar menjaga ketahanan pangan dari pekarangan rumah dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah tangga untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman.

Sementara itu, Pj Bupati Murung Raya Hermon dalam laporannya menyampaikan Pemkab Murung Raya bersama seluruh stakeholders selalu terhubung dalam rangka mendukung peningkatan di bidang pendidikan. Baik dari tingkat  pendidikan usia anak sampai ditingkat SLTA dijamin untuk menjadi tanggung jawab secara keseluruhan.

“Kemudian juga ada beberapa program yang kami khususkan dalam rangka untuk mendukung kegiatan untuk menghasilkan generasi ke depan untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Murung Raya melalui beasiswa yang diberikan di desa dan kelurahan yang terus berlanjut sampai saat ini,” ujar Hermon.

Hermon juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemprov Kalteng di bawah pimpinan Gubernur Kalteng yang terus mendukung pembangunan di Kabupaten Murung Raya.

“Kehadiran bapak gubernur, untuk kita bersama-sama membulatkan tekad mendukung pembangunan Kabupaten Murung Raya yang lebih baik kedepan,” pungkasnya. (hfz/hnd)

Exit mobile version