Site icon Prokalteng

Bentuk Kekompakan dan Kerja Sama, 170 Relawan Ramaikan Jambore

Heri Pauzi

PALANGKARAYA, PROKALTENG.CO – Sebanyak 170 Relawan Yang Tergabung Dalam Barisan Pemadam Kebakaran Swakarsa (BPKS), Masyarakat Peduli Api (MPA), Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK), Kelurahan Tangguh Bencana (KALTANA) Dan Komunitas Peduli Kebencanaan lainnya mengikuti Jambore Relawan Penanggulangan Bencana  dan Apel Siaga Kebakaran Hutan Lahan se Kota Palangkaraya yang dilaksanakan dari 5-7 Juli 2024 di Halaman Kantor BPBD Kota Palangkaraya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Jambore Relawan Penanggulangan Bencana dan Apel Siaga Kebakaran Hutan Lahan se Kota Palangkaraya Heri Pauzi, S.Sos., M.A.P  mengatakan, kegiatan jambore ini dilaksanakan untuk menjalin keakraban, kekompakan, meningkatkan skil dan keterampilan teman-teman relawan.

“Kita menyadari bahwa penanganan bencana ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga semua elemen masyarakat. Karena itu kekompakan dan kerja sama yang baik dengan tim di lapangan sangat perlu dilakukan guna memudahkan dalam berkoordinasi dikala menangani kejadian,” ujar Heri.

Dalam kegiatan Jambore ini, lanjut Heri, akan dilombakan beberapa ketangkasan dan kekompakan tim/regu dalam menghadapi persoalan dilapangan.

“Kegiatan jambore ini akan kita format lebih padah bagai mana menjalin kebersamaan kekompakan tim, karena pada saat dilapangan tentu  situasinya sangat berbeda dengan kondisi normal, karena saat penanganan suatu kejadian saat dilapangan kesabaran dan kecermatan sangat diperlukan,” jelas pria yang menjabat  Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palangkaraya ini.

Sementara itu Plt. Kepala BPBD Kota Palangkaraya Hendrikus Satria Budi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bis bersinergi dalam upaya penanganan dan pengurangan resiko bencana.

“Kita harus Bersama sama dalam upaya penanganan bencana, sesuai tema jambore yang kita laksanakan yaitu Bersama Kita Tangguh,” ungkapnya. (mmcplk)

Exit mobile version