Site icon Prokalteng

Inflasi September 2024 Tercatat Terendah, Percepatan Gim Nasional Diperlukan

Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan SDA, Miego Basel, bersama kepala OPD dan Unsur Forkopimda Kabupaten Lamandau, saat mengikuti Rakor bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri). (FOTO: IST)

NANGA BULIK, PROKALTENG.CO – Pejabat (Pj) Bupati Lamandau, Said Salim, diwakili oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Sumber Daya Alam (SDA), Miego Basel, menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian dan Percepatan Perkembangan Gim Nasional secara virtual.

Rapat berlangsung di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau dan dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Kepala OPD terkait, serta tamu undangan lainnya.

Miego menjelaskan bahwa rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Dalam rapat, Miego menyampaikan bahwa inflasi year-on-year pada September 2024 tercatat sebesar 1,844, sementara inflasi month-to-month mengalami deflasi -0,124.

“Inflasi kali ini dianggap sebagai yang terendah dan terbaik. Menurut Mendagri, angka inflasi 1,844 adalah yang terendah dalam empat periode pemerintahan, bahkan mungkin sejak kemerdekaan Indonesia,” ujarnya, Rabu (9/10) di Nanga Bulik.

Mendagri juga menekankan pentingnya percepatan pengembangan industri gim nasional di tingkat daerah. Miego menjelaskan bahwa pengembangan gim lokal dapat menambah lapangan pekerjaan dan menjadi sarana sosialisasi untuk program-program pemerintah pusat maupun daerah.

“Contoh yang diberikan Mendagri termasuk gim terkait penanganan stunting, pariwisata, dan konservasi lingkungan,” tutupnya. (bib)

Exit mobile version