Site icon Prokalteng

Menhan Prabowo Terima Penghargaan Militer Tertinggi dari Singapura

Menhan RI Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang. (istimewa)

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera). Ini adalah penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura.

Kedatangan Prabowo di Istana Kepresidenan Singapura disambut langsung oleh Menhan Ng Eng Hen dengan upacara jajar kehormatan. Penganugerahan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Singapura, Tharman Sanmugaratnam.

“Sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam memperkuat hubungan pertahanan yang sangat baik antara Indonesia dan Singapura,” ujar protokol Istana Kepresidenan Singapura dalam rangkaian upacara itu.

Istana Kepresidenan Singapura mengatakan, di bawah kepemimpinan Prabowo sebagai Menhan, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan kedua negara telah diratifikasi. Selain memperkuat hubungan pertahanan strategis antar kedua negara, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan akan memungkinkan kerja sama dan interaksi yang lebih erat antara TNI dan angkatan bersenjata Singapura.

Adapun, Prabowo dinilai pemerintah Singapura layak menerima penghargaan tersebut lantaran keberhasilannya melakukan kolaborasi yang erat meski dilanda Pandemi Covid-19 beberapa waktu silam. Selain itu, lembaga pertahanan dari kedua negara juga telah bekerja sama erat dalam upaya multilateral yang dipelopori oleh satu sama lain.

Singapura menilai, kondisi kerja sama pertahanan kedua negara sangat baik dan komitmen yang kuat untuk memajukan kerja sama di bidang-bidang baru yang menjadi kepentingan bersama ditegaskan dalam Pembaruan Bersama tentang Kerja Sama Pertahanan. Prabowo pun mengapresiasi penghargaan militer tertinggi tersebut.

Dia mengatakan, hubungan kerja sama antar dua negara terus meningkat dan saling menghormati kepentingan masing-masing negara. “Saya menerima penghargaan, saya kira ini salah satu tanda hubungan kita sama Singapura terus meningkat, kerja sama pertahanan terus membaik, Singapura salah satu negara yang dekat sama kita, hubungan kita sudah lama,” ujar Prabowo.

Dia turut mengucapkan apresiasi atas kerja sama Indonesia dan Singapura yang semakin rukun. Prabowo juga mengharapkan ke depan hubungan yang baik kerja sama antara Indonesia dan Singapura ini dapat semakin memacu kedua belah negara semakin giat bekerja dan meningkatkan hubungan yang lebih baik lagi ke depannya.(jpc/ind)

Exit mobile version