Site icon Prokalteng

Perlu Wujudkan Kemandirian Pangan, Kurangi Ketergantungan Luar Daerah

Sigit Karyawan Yunianto

PALANGKARAYA, PROKALTENG. CO – Ketua DPRD Kota Palangkaraya, Sigit Karyawan Yunianto mendorong pemerintah kota mewujudkan kemandirian pangan melalui pembinaan para petani daerah.

Menurutnya ada banyak dampak positif jika Kota Palangkaraya mampu mewujudkan kemandirian pangan dengan memanfaatkan lahan-lahan yang ada di daerah.

“Dengan kemandirian pangan, Pemerintah Kota Palangkaraya dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan pangan luar daerah. Selain itu juga dapat mengendalikan inflasi yang dapat ditekan, sehingga berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Palangkaraya,” ucapnya, Kamis (27/6/2024).

Menurutnya, jika Kota Palangkaraya bisa mandiri pangan maka harga-harga dapat menjadi lebih murah karena tidak perlu lagi melalui distribusi yang memerlukan biaya transportasi tinggi.

Sigit meminta supaya adanya pembinaan yang konsisten selama masa penanaman hingga panen serta membuka jalur pemasaran terhadap produk hasil petani di daerah ini.

“Perkenalkan teknik budi daya pertanian yang lebih modern. Penggunaan teknologi pertanian terbaru, pengolahan hama dan penyakit serta cara meningkatkan kualitas hasil panen yang dinilai sangat penting bagi petani. Karena tanpa adanya pembinaan secara langsung, akan sangat sulit bagi petani untuk meningkatkan hasil produksinya,” ucapnya.

Menurutnya bantuan yang disalurkan pemerintah seperti alat atau mesin pertanian, hal tersebut dikhawatirkan kurang optimal. Menurutnya, penting untuk mendampingi para petani hingga nantinya dapat menerapkan secara mandiri.

“Jangan sampai hanya seremonial saja. Memberikan bantuan kemudian lepas tangan, tetapi juga turut memberikan pembinaan hingga para petani di Palangkaraya dapat mengimplementasikan secara mandiri,”pungkasnya. (jef/hnd)

Exit mobile version