Site icon Prokalteng

Kembangan Sektor Pariwisata Palangkaraya Bersama Pelaku Usaha

Ruselita (IST)

PALANGKARAYA, PROKALTENG.CO – Pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu fokus utama dalam upaya penguatan ekonomi lokal di berbagai daerah, tak terkecuali di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dengan adanya perhatian serius dari pemerintah, sektor pariwisata akan berkembang pesat. Tidak hanya menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan pajak, namun juga membawa dampak positif yang luas bagi perekonomian daerah tersebut.

Di Kota Palangkaraya, perkembangan industri pariwisata kini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Beragamnya destinasi wisata yang ditawarkan di ibu kota Provinsi Kalteng ini menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun non lokal untuk menghabiskan waktu liburannya.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangkaraya, Ruselita, yang menyampaikan harapannya agar para pelaku dan penggiat usaha pariwisata di kota tersebut tetap optimis dalam mengembangkan sektor tersebut.

“Sektor pariwisata saat ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, termasuk Pemerintah Kota Palangkaraya, sebagai bagian dari upaya untuk membangkitkan kembali semangat kepariwisataan yang dapat berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Ruselita, kemarin.

Legislator Partai Perindo ini juga menekankan bahwa pertumbuhan sektor pariwisata tidak hanya menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan penerimaan pajak, tetapi juga memberikan dorongan ekonomi bagi sektor-sektor lainnya.

“Pertumbuhan pariwisata di daerah akan menggerakkan perekonomian di sektor-sektor lainnya, termasuk transportasi, komunikasi, perhotelan, kerajinan tangan, produk konsumen, jasa, restoran, dan sebagainya,” imbuhnya.

Ia menyebutkan untuk destinasi wisata seperti Dermaga Kereng Bangkirai, yang dikenal sebagai Air Hitam di Kecamatan Sabangau, menjadi contoh yang berhasil dalam pengembangan pariwisata lokal.

“Destinasi wisata Air Hitam adalah salah satu contoh yang baik dimana para pelaku wisata bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) terus optimis dalam mengembangkan usaha wisatanya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” pungkasnya. (ana)

Exit mobile version