Site icon Prokalteng

6 Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tetap Sehat dan Tak Mudah Mati

Ilustrasi Ikan Cupang (Take by Sabrina Indah Kumala from Pixabay @nonnatthapat)

HEWAN peliharaan tidak hanya sebatas kucing maupun anjing saja. Banyak orang yang merawat ikan dalam akuarium sebagai hewan peliharaan pula.

Salah satu ikan yang paling digemari sebagai hewan peliharaan adalah ikan cupang. Banyak orang yang memelihara ikan cupang karena penampilannya yang indah dengan sirip yang berwarna-warni yang begitu indah saat berenang.

Selain dirawat sebagai hewan peliharaan, ikan cupang juga dapat dimanfaatkan sebagai penghias ruangan. Dipadukan dengan hiasan yang menarik, ruangan itu akan menjadi lebih hidup dan menawan.

Meskipun sering dijadikan sebagai bahan peliharaan, tidak sedikit pula ikan cupang yang hidupnya tidak bertahan lama. Entah karena faktor air yang buruk atau pun karena sering dimainkan dan di pindah-pindahkan dari akuarium nya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal penting dalam merawat ikan cupang agar tetap sehat.

Artikel ini akan memberikan tips untuk merawat ikan cupang agar peliharaanmu tetap sehat dan tidak mudah mati.

  1. Pemilihan Akuarium yang Tepat
    Fakta nya, ukuran akuarium yang tidak tepat atau kekecilan juga dapat membuat ikan cupang stres. Tidak hanya itu, akuarium yang terlalu banyak isi dan tidak memiliki tempat sembunyi juga dapat memicu stress ikan cupang.

Oleh sebab itu, ganti lah akuarium ikan cupangmu jika terlalu kecil dan pastikan tidak memiliki terlalu banyak isi di dalamnya.

  1. Menjaga Suhu AirTetap Stabil
    Suhu air juga dapat mempengaruhi kesehatan ikan cupang. Suhu air ideal bagi ikan cupang adalah sekitar 24-30 derajat celsius. Suhu air yang terlalu dingin maupun terlalu panas dapat membahayakan ikan cupang.

Kamu dapat menggunakan pemanas akuarium berkualitas atau pun mengecek suhu air dengan termometer secara teratur agar suhu air tetap ideal bagi ikan cupang.

  1. Perhatikan Takaran Pakan
    Salah satu hal yang tidak boleh disepelekan bagi kamu yang merawat ikan cupang adalah pemberian pakan.

Idealnya, ikan cupang dewasa hanya cukup diberi makan sekali sehari. Sedangkan, untuk ikan cupang yang masih kecil dapat diberi makan sehari dua kali.

Pemberian makan ikan cupang hanya perlu 2-4 butir pelet per ikan untuk sekali makan. Untuk makanan hidup atau beku dapat diberikan 2-3 buah sekali makan.

Takaran pakan dapat disesuaikan sesuai ukuran bola matanya. Hal ini dikarenakan ukuran perut ikan cupang sama besarnya dengan bola matanya.

  1. Mengganti Air Secara Rutin
    Hal yang tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan ikan cupang adalah air yang digunakan dalam akuarium.

Jangan gunakan air yang langsung berasal dari tanah karena zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membahayakan ikan cupang. Jika air tersebut diendapkan terlebih dahulu di dalam toren, maka air tersebut bisa digunakan.

Air akuarium idealnya diganti minimal seminggu sekali. Namun, jangan langsung mengganti keseluruhan air dengan air yang baru karena dapat membuat ikan cupang stres. Kamu dapat mengganti air sebanyak 70 persen terlebih dahulu.

  1. Pastikan Akuarium Selalu Bersih
    Menjaga kebersihan akuarium juga sangat penting bagi kesehatan ikan cupang. Selain mengganti air secara rutin, kamu dapat menjaga kebersihan akuarium dengan mulai membersihkan alga di dinding akuarium.

Setelah itu, kamu dapat menggunakan alat bantu seperti siphon untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran di dasar akuarium. Siphon atau cleaner pump adalah alat bantu yang digunakan untuk menjaga kebersihan akuarium ikan.

  1. Perhatikan Kesehatan Ikan
    Tips yang terakhir adalah dengan memperhatikan kesehatan ikan cupang. Kamu harus tahu tanda-tanda ikan cupang yang sehat dan tidak sehat.

Ikan cupang yang tidak sehat ditandai dengan warnanya yang memudar, terdapat bintik-bintik di tubuhnya, sirip robek, tidak nafsu makan, dan gerakan yang lambat.

Kamu dapat menangani ikan cupang yang terlihat sakit dengan memperbaiki kualitas air dan pakan. Namun jika hal tersebut tidak membuahkan hasil, segera bawa ikan cupangmu ke dokter hewan untuk segera diobati.

Itu dia tips-tips untuk menjaga kesehatan ikan cupang peliharaanmu agar tetap sehat dan tidak mudah mati. Semoga bermanfaat. (mg10/bas/jpg)

 

Exit mobile version