Site icon Prokalteng

Sering Pakai daun Sirih untuk Bersihkan Miss V? Ini Efek Samping Daun Sirih untuk Area Kewanitaan

Ilustrasi efek samping daun sirih untuk area kewanitaan. (pixabay)

Daun sirih cukup populer digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia. Daun ini umumnya dimanfaatkan untuk penyegar mulut. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan daun sirih sebagai pembersih area kewanitaan.

Dilansir dari laman doktersehat.com, sebagian orang percaya bahwa daun sirih bermanfaat untuk membersihkan area kewanitaan.Manfaat itu bisa dirasakan dengan mengoleskan air rebusan daun sirih yang telah didinginkan secara langsung ke miss V atau vagina. Cara ini diyakini membantu meredakan rasa gatal di area kewanitaan.

Meski demikian, dilansir dari laman klikdokter.com, anda harus berhati-hati dalam menggunakan daun sirih untuk miss V. hal utama yang perlu diperhatikan adalah kita tak boleh mencuci miss V dengan air rebusan daun sirih setiap hari.

Karena efek samping cebok pakai daun sirih berpotensi membunuh semua bakteri yang ada di area miss V. Padahal, di antara beberapa bakteri tersebut, ada jenis bakteri yang memberikan manfaat bagi miss V.

Sejatinya, bakteri ini memiliki peran untuk menjaga keseimbangan biologis yang ada di sekitar miss V. Maka penggunaan daun sirih di miss V tidak dapat dilakukan secara terus menerus. Boleh dilakukan, namun sesekali saja. Berikut efek samping jika terlalu sering menggunakan daun sirih untuk area miss V.

Meningkatkan Risiko Infeksi Bakteri dan Jamur

Faktanya, terdapat banyak bakteri dan jamur yang sedari awal hidup di area kewanitaan anda untuk membantu menjaga kesehatan organ tersebut.Apabila anda terus-menerus membasuh miss V dengan air rebusan daun sirih, kadar pH yang ada di area tersebut bisa berubah.

Hal ini turut mempengaruhi kondisi bakteri dan jamur yang ada. Sehingga yang tadinya menjaga kesehatan malah bisa menimbulkan penyakit.Beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat kadar pH miss V yang terganggu, misalnya vaginosis bakterialis, juga infeksi jamur.

Alergi

Alergi juga termasuk efek samping air daun sirih untuk kewanitaan. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang-orang yang sedari awal memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam air rebusan daun sirih.

Melihat kemungkinan efek samping air daun sirih untuk miss V, sebaiknya hindari penggunaan bahan alami tersebut untuk membasuh organ kewanitaan Anda.

Pada dasarnya, menurut dr. Dyah Novita, cara terbaik untuk menjaga kebersihan area kewanitaan adalah dengan membasuhnya menggunakan air bersih mengalir dari depan ke belakang.Tidak perlu menambahkan bahan-bahan khusus, karena organ kewanitaan anda dapat secara otomatis membersihkan dirinya sendiri.

Gatal di area kewanitaan

Air rebusan daun sirih yang kamu gunakan belum tentu higienis dan bebas dari segala mikroorganisme berbahaya.  Oleh karena itu, bisa saja air rebusan tersebut malah membuat organ kewanitaanmu gatal.

Dan jika terus-menerus digaruk malah dapat menimbulkan iritasi, bahkan luka.Adanya luka terbuka di area kewanitaan dapat meningkatkan risiko munculnya infeksi. Belum lagi, rasa tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari.(jpc)

Exit mobile version