Site icon Prokalteng

Alasan Pria Menjauhimu Saat Dia Sudah Mulai Mencintaimu

Ilustrasi pria menjauh darimu saat mulai mencintaimu. (Freepik)

Sebelum memasuki hubungan dengan status yang jelas, biasanya dua sejoli menjalani masa pendekatan atau pdkt. Tapi sering terjadi ketika pria tersebut mulai mencintai perempuan, malah dia menjauh.

Perilaku tersebut masih jadi misteri dan sering bertanya-tanya pada pihak perempuan, apalagi ketika mereka telah berharap lebih bahwa hubungan ini akan lebih serius lagi. Melansir dari laman Expert Editor pada (22/10) ketahui 7 alasan pria menjauhimu saat dia sudah mulai mencintaimu menurut psikologi :

  1. Dia Takut untuk Mendekat

Pernahkah kamu bertemu seseorang yang awalnya tampak sangat tertarik, tapi seiring berjalannya waktu dan perasaan serius mulai berkembang, mereka menariknya kembali?

Salah satu alasan beberapa pria menjauhi orang lain seperti ini adalah karena mereka takut untuk mendekat. Tapi mereka tidak melakukannya dengan sengaja dan secara tidak sadar.

“Rasa takut akan keintiman seringkali tidak disadari dan memengaruhi kemampuan seseorang untuk membentuk atau mempertahankan hubungan dekat. Mereka tidak dengan sengaja menolak cinta dari orang lain.” seperti yang dikemukakan oleh Sabrina Felson MD dan tim.

  1. Dia Takut Disakiti Lagi

Jika kamu pernah patah hati karena seseorang yang dicintai, kamu akan tahu bahwa itu adalah salah satu hal paling menyakitkan dan merasakan trauma untuk memulainya kembali dengan orang lain.

Tidak mengherankan jika orang yang pernah terluka dalam hubungan masa lalu menjadi sedikit berhati-hati dan ragu untuk membiarkan cinta masuk lagi. Ketika patah hati disebabkan oleh perselingkuhan atau rusaknya kepercayaan, dampaknya sangat besar.

Ketika pria menjauhimu saat dia sudah mulai mencintaimu, mungkin lebih berkaitan dengan masa lalunya dan ketakutannya akan disakiti lagi.

  1. Dia Tidak Nyaman Akan Kelemahannya

Ketika kamu mendapati pria yang tidak pernah terbuka dengan kelemahannya, ini seperti rasa tidak takut akan risiko ditolak, dipermalukan, atau diekspos dengan cara apapun, sehingga dia tutup mulut dan mencari pelarian.

Jika hal ini benar, maka hal ini menunjukkan bahwa ia sedang berjuang melawan kelemahannya. Banyak orang merasa tidak nyaman menjadi lemah terhadap orang lain. Kadang-kadang tampaknya lebih mudah untuk menjauhkan orang lain daripada menempatkan diri mereka di luar sana secara terbuka.

Penting untuk mengingatkannya bahwa meskipun mungkin tidak terasa seperti itu, kekurangan adalah sebuah kekuatan, bukan kelemahan, dan itu semua wajar dimiliki setiap manusia.

  1. Tidak Bersedia secara Emosional

Jika kamu pernah berkencan dengan pria yang lucu, menawan, dan penuh perhatian. Tapi hanya ada satu masalah, yaitu sulit mengenali kepribadiannya secara mendalam.

Ketika pembicaraannya sudah mulai serius, dia akan mundur perlahan dan menjauh selama berminggu-minggu. Saat itulah kamu harus mulai menyadari bahwa dia tidak siap secara emosional untuk memulai hubungan.

  1. Merasa Tidak Baik Untukmu

Alasan lain seorang pria menjauhimu saat dia mencintaimu, karena merasa tidak cukup baik untukmu. Ketika pria memiliki harga diri yang rendah, akan sulit percaya bahwa kamu benar-benar mencintainya.

Meragukan dirinya sendiri dan harga dirinya seperti ini dapat menyebabkan dia menjauhimu, meskipun memiliki perasaan yang kuat terhadapmu.

  1. Takut untuk Berkomitmen

Perasaan cemas yang dirasakan setiap manusia saat membuat keputusan besar dalam hidup seperti berganti karier, membeli rumah, atau pindah tempat tinggal. Merasa seperti itu juga wajar saat kamu memulai hubungan baru karena ada banyak ketidakpastian di masa depan.

Namun ada satu hal yang menarik bagi sebagian orang, dan ini lebih dari sekedar kecemasan. Mereka merasa dilumpuhkan oleh ketakutan sangat besar terhadap komitmen.

Hal ini menyebabkan mereka menghindari komitmen sama sekali dan menjauhkan orang dalam prosesnya. Seperti yang diuraikan oleh penulis kesehatan mental yaitu “Mereka mungkin sedang jatuh cinta, ingin menghabiskan waktu bersamamu, dan bahkan ingin lebih dekat.

Tapi, mereka mungkin kesulitan menghadapi dedikasi dan keterlibatan yang diperlukan.” Jika terlihat jelas bahwa pria yang menjauh saat sudah mulai mencintaimu, kemungkinan dia sedang bergumul dengan rasa takut akan komitmen.

  1. Stres dalam Kehidupannya yang Lain (Tidak Ada Sangkutannya Denganmu)

Perlu diingat bahwa terkadang, pria memiliki hal-hal lain dalam hidupnya yang memerlukan perhatian dan membuatnya stres. Tentu saja, hal itu mengalihkan perhatiannya.

Saat dia menjauhimu padahal sudah mulai mencintaimu, akan sulit dihubungi, nyaris tidak responsif, dan tidak tertarik untuk bergaul denganmu. Mungkin saja hal ini disebabkan karena kefokusannya dalam hal pendidikan atau karier.

Mengutip dari laman Kelas Cinta, mungkin saja pria sangat mencintaimu, tetapi tidak ingin kamu menderita karena keadaan dirinya. Maka perlu waktu untuk kalian berdua mempertimbangkan hal tersebut.

Setelah kalian saling menjauh, tak hanya perempuan yang merasakan kesedihan. Pria juga merasakan hal sama, tapi mereka tidak bebas dalam mengungkapkan emosinya.(jpc)

 

Exit mobile version