Site icon Prokalteng

Terus Menggempur, Timnas Indonesia Hempaskan Timor Leste 3-1

Kapten Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas (tengah) dikepung pemain Timor Leste U-20 di Stadion Madya, Jumat (27/9) malam. (Dery Ridwansyah/Jawapos.com)

PROKALTENG.CO– Timnas Indonesia U-20 kembali mendapatkan kemenangan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Garuda Muda, julukan Timnas U-20, sukses mengempaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/9) malam.

Ini menjadi kemenangan kedua yang diraih oleh tim besutan Indra Sjafri di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Sebelumnya Timnas Indonesia U-20 berhasil mengalahkan Maladewa U-20 dengan skor 4-0 pada laga perdana, Rabu (25/9).

Tanda-tanda kemenangan Timnas Indonesia U-20 atas Timor Leste U-20 sudah terlihat sejak awal. Garuda Muda langsung tampil menekan dari menit pertama. Buktinya adalah saat pertandingan belum genap lima menit, Jens Raven sudah melakukan dua pergerakan berbahaya di sisi kanan penyerangan untuk menciptakan peluang.

Garuda Muda pun tak butuh waktu terlalu lama untuk mencetak gol pertama. Jens Raven sukses membawa Timnas Indonesia U-20 unggul pada menit ke-13. Gol bermula dari pergerakan Muhammad Alfharezzi Buffon di sisi kanan penyerangan.

Buffon kemudian mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti. Jens Raven pun langsung melanjutkan dengan tendangan keras. Sepakannya sempat ditepis oleh kiper Timor Leste U-20. Tapi, tepisannya tidak sempurna dan Raven kembali menyambar untuk mencetak gol.

Tiga menit berselang, Timnas Indonesia U-20 kembali mencetak gol. Kali ini giliran Riski Afrisal yang mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan cutback dari Toni Firmansyah yang berasal dari sisi kanan penyerangan.

Keunggulan dua gol tak membuat Timnas Indonesia U-20 mengendurkan serangan. Sejumlah peluang terus diciptakan oleh Garuda Muda.

Salah satunya lewat Buffon pada menit ke-36 yang melepaskan tembakan di dalam kotak penalti. Namun, sepakannya bisa diantisipasi oleh kiper Timor Leste. Skor 2-0 pun jadi hasil sementara hingga turun minum.

Usai jeda, pertandingan berjalan lebih seimbang. Timnas Indonesia U-20 menciptakan sejumlah peluang lewat Buffon, Kadek Arel, hingga Mauro Yves dalam sepuluh menit awal.

Timor Leste U-20 bukan tanpa serangan. Luis Figo P. Ribeiro pada menit ke-55 gantian mengancam gawang Timnas Indonesia U-20 yang dikawal Ikram Algiffari. Tapi, tetap belum membuahkan gol.

Setelah mencoba beberapa kali, Timor Leste U-20 akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada pertengahan babak kedua, tepatnya pada menit ke-66 lewat serangan balik dan Luis Figo P. Ribeiro sukses mengelabui Ikram dalam duel satu lawan satu.

Keberhasilan mencetak gol membuat Timor Leste U-20 makin percaya diri dalam menyerang. Alexandro Bahkito nyaris menyamakan kedudukan andai sepakannya pada menit ke-70 tidak diantisipasi oleh Ikram.

Tapi, Timnas Indonesia U-20 tak mau terus ditekan. Secara perlahan mereka mulai bangkit dan akhirnya berhasil menambah keunggulan. Semua bermula dari Dony Tri yang bekerja sama dengan Jens Raven di sisi kiri penyerangan.

Dony kemudian mengirimkan umpan mendatar kepada Muhammad Ragil yang berada di mulut gawang Timor Leste U-20. Pemain Bhayangkara FC itu pun tak menyia-nyiakan kesempatan dengan langsung mengubah kedudukan jadi 3-1.

Setelah gol Ragil, tempo pertandingan tak berubah. Kedua tim saling berbalas serangan dan bergantian menciptakan peluang. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta dan skor 3-1 jadi hasil akhir pertandingan kali ini. (jpc)

Exit mobile version