Site icon Prokalteng

Perkuat Komitmen Nilai-nilai Luhur Pancasila

Kadisbudpar Kalteng ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Pancasila.

PALANGKARAYA, PROKALTENG.CO – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Aula Jayang Tingang (AJT), Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Sabtu (1/6/2024). Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tersebut dipusatkan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau, yang dihadiri secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira.

Presiden RI, Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan, kita patut bersyukur bahwa negara kita Indonesia tetap kokoh, terus stabil, bersatu padu dan ekonominya terus tumbuh, di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian.

Jokowi mengungkapkan, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam politik yang penuh tekanan dan rivalitas, Bangsa Indonesia harus selalu optimis. “Sebab kita memiliki Pancasila yang memandu arah bangsa, kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, sumber daya manusia, serta sumber daya alam yang melimpah, oleh karena itu kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi,” ungkap Jokowi.

Menurut Presiden RI, nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan, diwariskan dalam perilaku nyata dan kebijakan-kebijakan nyata, yang jelas hasil dan manfaatnya dapat dirasakan oleh rakyat di tengah perkembangan zaman ini, sehingga kehadiran Pancasila diharapkan sebagai pembebas ketergantungan bangsa Indonesia dari pihak asing.

Saat ditemui usai upacara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Chandra Sari mengatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momen penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

“Ini adalah saat yang sangat penting untuk menghormati dan mengenang sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia oleh para pendiri bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan pentingnya mengenang jasa-jasa para pendiri bangsa yang telah merumuskan Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan mengingat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menghadapi berbagai tantangan global yang ada.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini menjadi pengingat akan pentingnya komitmen terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, yang telah menjadi dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kontrak (Tekon) di lingkup Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Balanga, serta UPT Taman Budaya Provinsi Kalimantan Tengah juga turut mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 secara virtual dari Aula Kantor Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah. (mmckalteng)

Exit mobile version