Site icon Prokalteng

Diskan Seruyan Ajukan Proyek Budidaya Kepiting dan Udang Vanamei ke Kementerian

Kepala Diskan Seruyan, Halidah saat menghadiri kegiatan di Desa Sungai Udang belum lama ini. (Foto : Dok Prokalteng.co)

KUALA PEMBUANG, PROKALTENG.CO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Perikanan (Diskan) terus berkomitmen untuk mengembangkan potensi sektor perikanan di daerahnya. Salah satu fokus utama adalah pengembangan budidaya kepiting dan tambak udang Vanamei.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Halidah, menjelaskan bahwa Diskan telah mengajukan proposal ke Kementerian Perikanan untuk mengimplementasikan model budidaya kepiting di lahan dempond seluas sekitar 5 hektare di Desa Sungai Undang.

Selain itu, Diskan juga mengusulkan pengembangan tambak udang Vanamei dengan potensi kawasan seluas sekitar 8000 hektare.

“Kami telah mengajukan rencana ini ke Kementerian Perikanan. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan potensi perikanan di Kabupaten Seruyan,” kata Halidah, Selasa (17/9).

Menurut Halidah, tahun ini fokus utama adalah pada pembersihan bangunan dempond dan persiapan lainnya.

“Saat ini, kami sedang dalam tahap pembersihan bangunan dempond. Kami berharap tahun depan sudah bisa memulai operasional, termasuk penebaran benih dan bibit,” ujarnya.

Halidah berharap ada tanggapan positif dari Kementerian Perikanan terkait usulan tersebut, dengan harapan akan ada pendampingan atau bantuan untuk mendukung kegiatan ini.

Sebagai bagian dari upaya pengembangan sektor perikanan, Penjabat (Pj) Bupati Seruyan, Djainuddin Noor, bersama Kepala Dinas Perikanan Halidah, turut serta dalam kegiatan Knowledge Sharing Pengembangan Budidaya Rumput Laut dan Kepiting di Kabupaten Sidoarjo. (ais)

Exit mobile version