Site icon Prokalteng

Pemkab Geliatkan Gerakan Tanam Bawang di Anjir Pulang Pisau

Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani bersama Forkopimda saat melakukan penanaman bawang merah di Desa Anjir Pulang Pisau (Handil Balimau). (Foto: Kominfo Pulpis)

PULANG PISAU,PROKALTENG.CO-Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, bersama unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD setempat melakukan penanaman bawang sekaligus panen cabe di Desa Anjir Pulang Pisau (Handel Balimau), Kecamatan Kahayan Hilir, belum lama ini.

Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bawang merah sekaligus panen cabe ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah bersama dengan kelompok tani untuk menekan inflasi, khususnya komoditas bawang merah dan cabe.

Mengingat, kata Hj Nunu sejak awal bulan Mei hingga saat ini, komoditas tersebut terus naik dan menembus angka Rp60.000 per kilogram.

“Tadi apa yang sudah disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani, untuk menanam satu umbi bawang ini, dalam waktu 55 hari ke depannya itu bisa kita panen kembali. Dari satu umbi nantinya bisa menjadi enam umbi, jadi kita bisa menghitung hasilnya dari berapa luasan lahan yang ditanam,” jelasnya.

Pj Bupati Hj Nunu Andriani mengatakan bahwa kegiatan penanaman bawang merah dan panen cabe ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bawang merah, cabe dan komoditas lainnya.

Pj Bupati juga berharap kepada para petani agar terus mengembangkan potensi pertanian dan juga selalu memanfaatkan lahannya. Mengingat kata Pj Bupati, daerah itu masuk dalam kawasan hortikultura pendukung food estate yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

“Tidak hanya di daerah ini saja, kita berharap kepada semua masyarakat yang ada di 95 desa, 4 kelurahan, agar dapat memanfaatkan lahan-lahan yang berpotensi untuk hortikulturanya. Begitu pula dengan lahan pekarangan di setiap rumah karena tanaman seperti bawang, cabe bisa kita tanam di pekarangan,” pungkasnya. (ung/kpg)

 

Exit mobile version