Site icon Prokalteng

Disdik Lamandau Tekanan agar MPLS Menyenangkan Bagi Siswa

Sejumlah siswa TK Islam Terpadu Al Huda Nanga Bulik tengah mengikuti kegiatan MPLS tahun ajaran 2024/2025. (FOTO : BIB/PROKALTENG.CO)

NANGA BULIK, PROKALTENG.CO – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamandau, Abdul Kohar mengingatkan kepada para guru agar kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) jenjang TK hingga SMA/SMK/SLB negeri/swasta tahun ajaran 2024/2025 harus menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi siswa.

“Diharapkan selama MPLS dapat diisi dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan minat belajar anak,” ujar Kohar di Nanga Bulik, Senin (15/7).

Menurutnya, kegiatan MPLS sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik sebelum benar-benar mengikuti pembelajaran di sekolah tersebut.

Untuk itu, Kohar juga mengimbau kepada para siswa agar memanfaatkan masa MPLS untuk lebih mengenal sekolah, guru dan teman-teman mereka.

Ia menyebut, Disdik setempat telah melakukan pembinaan dan pembekalan terhadap tenaga pendidik sebelum MPLS dimulai. Khususnya, bagi guru TK dan SD. Dengan begitu, diharapkan selama MPLS dapat menarik dan mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Ia menambahkan, MPLS di sekolah baru akan dilaksanakan serentak pada 15 Juli 2024. Selain itu, MPLS juga tidak boleh diisi dengan agenda perploncoan yang melanggar aturan. Pihaknya menekankan larangan melakukan perundungan kepada siswa saat kegiatan pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah dan belajar serta mengajar.

“Kegiatan MPLS diharapkan agar para siswa bisa beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru,” katanya.

Melalui kegiatan MPLS, imbuh Kohar, diharapan mampu membentuk siswa menjadi insan yang beriman, disiplin, berakhlak mulia, kreatif, dan berprestasi.

“Semua peserta didik adalah amanah dari orang tua yang dipercayakan kepada para guru. Maka, jaga amanah ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (bib)

Exit mobile version