Site icon Prokalteng

Utamakan SDM Lokal Dalam Program Cetak Sawah Seluas 58 Ribu Hektare

Bupati Kabupaten Kotim H.Halikinnor saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani, Jumat (20/9). (FOTO : PROKOPIM UNTUK KP)

SAMPIT, PROKALTENG.CO– Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Mendapat bagian program cetak sawah seluas 58.000 hektare dari Kementerian Pertanian, hal tersebut sebagai penyangga pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Tahapan awal target perluasan cetak sawah di Kalimantan Tengah sekitar 400.000 hektare yang dibagi ke sejumlah kabupaten. Salah satunya Kotim yang mendapat bagian 58.000 hektare pada 2025,” kata Bupati Kabupaten Kotim H.Halikinnor, Sabtu (22/9) .

Dirinya juga merespons positif terkait Kotim yang mendapat bagian dalam program cetak sawah nasional dari Kementerian Pertanian untuk wilayah Kalteng, Hal ini pun menjadi angin segar bagi pemerintah daerah maupun masyarakat di Kabupaten ini, dengan harapan sektor pertanian di wilayah tersebut akan berkembang bahkan dapat mencapai swasembada pangan.

“Saya mengingatkan walaupun program ini adalah proyek dari pemerintah pusat tapi pemerintah daerah tidak boleh hanya menonton saja, tetapi Pemerintah Kabupaten Kotim harus ikut mengawal, bahkan jika perlu melibatkan kelompok petani setempat,” ucap Halikin.

Ia juga menambahkan, luasan 58.000 hektare itu tidak sedikit dan biasanya anggaran dari proyek pusat cukup besar. Maka dari itu sebisa mungkin agar sumber daya manusia (SDM) lokal yang diutamakan dalam pelaksanaan proyek tersebut agar masyarakat setempat ikut merasakan manfaatnya.

“Saya akan komunikasikan dengan gubernur, supaya memprioritaskan masyarakat kita dulu baru orang lain untuk mengisi kekosongannya. Tentunya kita juga berharap program ini berjalan dengan lancar dan sukses sehingga kita turut andil sebagai penyangga pangan IKN Nusantara,” tutupnya (bah/kpg)

Exit mobile version