Site icon Prokalteng

Banut Kalanaman Dicanangkan Jadi Desa Cantik, Pembinaan Dilakukan Dalam Tiga Tahapan Penting

Asisten II Setda Katingan Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, GH Edwar Doddy. Disambut acara adat potong pantan pada waktu pencanangan Desa Banut Kalanaman menjadi Desa Cantik, Kamis (19/9). (FOTO : HUMAS SETDA KATINGAN)

KASONGAN,PROKALTENG.CO– Dalam rangka memaksimalkan penggunaan data untuk pengambilan kebijakan yang lebih tepat sasaran. Dalam upaya meningkatkan ketahanan sosial. Kini Desa Banut Kalanaman Kecamatan Katingan Hilir dicanangkan sebagai Desa Cantik dalam rangka kegiatan pembinaan statistik sektoral yang diinisiasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Katingan.

Pencanangan ini dihadiri langsung oleh Asisten II Setda Katingan Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat GH Edwar Doddy di Desa Banut Kalanaman, Kamis (19/9) Kegiatan ini melibatkan tujuh agen statistik yang merupakan penduduk asli Desa Banut Kalanaman, yang telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari BPS.

“Pembinaan dilakukan dalam tiga tahapan penting. Yaitu penyajian data, pengelolaan website desa, serta penyajian data melalui publikasi cetak. Kolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Katingan juga menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan website desa,” kata Asisten II Setda Katingan Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat GH Edwar Doddy.

Mantan Kepala Badan Kesbang Pol Kabupaten Katingan ini juga mengungkapkan, output utama dari kegiatan ini meliputi infografis data kependudukan dan publikasi cetak. Berupa buklet yang merupakan monografi Desa Banut Kalanaman. Selain itu, program ini berhasil meningkatkan kemampuan agen-agen statistik dalam literasi statistik dan penggunaan perangkat lunak desain grafis untuk penyajian data yang lebih menarik.

“Dengan adanya Desa Cantik, diharapkan Desa Banut Kalanaman dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pemanfaatan data statistik untuk pengembangan yang berkelanjutan,” tandasnya.(eri/kpg)

Exit mobile version