Site icon Prokalteng

AHY: Penataan Ruang Lahan Bisa Mengatasi Kelangkaan Air

Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono foto bersama Pj Wali Kota Palangkaraya Hera Nugrahayu di sela-sela World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali. (IST)

PROKALTENG.CO – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan penataan ruang lahan yang baik untuk konservasi air bisa terwujud untuk mengatasi kelangkaan air. Menurutnya, Kementerian ATR juga punya kepentingan dalam agenda World Water Forum untuk membahas ketahanan air bersih.

“Jadi manajemen tanah sekaligus juga memberikan manajemen air. Bicara sumber air, pengelolaannya ada di ranah kewenangan Kementerian PUPR. Tentu Kementerian ATR/BPN punya relevansi, ingin mendukung agar penataan wilayah ditata dengan baik,” kata AHY, Minggu (19/5/2024).

Lebih lanjut AHY berharap pembahasan dalam forum internasional ini bisa melahirkan kebijakan strategis pengelolaan dan perlindungan untuk ketahanan air bersih. Menurutnya, tidak ada negara di dunia yang bisa bekerja sendiri untuk mengatasi hal tersebut.

“Kami berharap kalau bisa dihadirkan water security. Maka Indonesia termasuk di dalamnya, masyarakat kita termasuk dunia tidak akan kesusahan dalam hal air bersih,” ucap Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Dalam rangkaian kegiatan WWF, AHY akan menghadiri pembukaan bersama Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri lainnya. (hms)

Exit mobile version