Site icon Prokalteng

Pemkab Gumas Dituntut Tingkatkan SDM di Pedesaan

Anggota DPRD Gunung Mas Espriadi. (FOTO : NYA)

KUALA KURUN, PROKALTENG.CO –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas mengharapkan  pemerintah daerah (Pemda) setempat agar mampu meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) khususnya masyarakat di wilayah yang tertinggal sebagai contoh seperti di pedesaan.

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Espriadi menjelaskan saat ini masih banyak masyarakat yang masih kurang di sisi SDM, di beberapa wilayah yang ada di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini. Sehingga, pemerintah harus mampu meningkatkan kualitas tersebut.

“Dalam peningkatan SDM itu, harus ada tanggungjawab dari pemerintah daerah, seperti melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat yang ada di pedesaan, agar ada potensi,” ucap Espriadi, Selasa (14/5/2024).

Selain melakukan pelatihan, kata legislator dari pemilihan (Dapil-II) ini menuturkan, adanya tempat melakukan kegiatan seperti tempat menjahit, membuat kerajinan batik dan lain-lainnya. Dengan adanya peningkatan SDM ini, kata dia, sangatlah baik kalau memang pemerintah serius dalam hal pengembangan tersebut.

“Karena sumber-sumber pendapatan, ada di desa, dan kesejahteraan itu pasti ada kalau pemerintah serius membina masyarakat,” ujar Espriadi.

Politisi dari Partai Perindo ini menambahkan, peningkatan SDM itu dapat berjalan kalau ada pembinaan yang sangat serius, seperti memberikan pelatihan, kemudian adayan tempat praktek, terlebih lagi tempat pemasaran barang hasil kerajinan.

“Memang kalau dinilai semua itu harus keseriusan juga dalam membina, terutama di sisi pemasaran, kemudian pembinaannya jangan sampai terputus dan akan berdampaknya terasa oleh masyarakat,” tandas dia. (nya)

Exit mobile version