Site icon Prokalteng

Begini Cara Mudah Atasi Kulit Wajah Kusam Kembali Cerah

Ilustrasi perempuan yang mengalami masalah pada kulit wajahnya (Freepik.com)

MEMILIKI kulit yang sehat, glowing menjadi dambaan banyak perempuan. Gak heran kalau banyak perempuan rela mengeluarkan kocek dengan melakukan berbagai perawatan untuk menunjang penampilan.

Sayangnya, tidak sedikit wanita yang memiliki masalah pada kulit, terutama kulit kusam yang dapat memengaruhi penampilan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit seseorang menjadi kusam. Di antaranya karena paparan sinar matahari yang berlebih yang dapat merusak kulit, sehingga menghasilkan melanin yang menyebabkan kulit terlihat gelap dan kusam.

Selain itu, polusi udara juga memengaruhi. Paparan debu dapat menumpuk pada kulit, sehingga kulit bisa menjadi kusam.

Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas pun memengaruhi kesehatan kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk jadi faktor kesekian yang dapat membuat kulit seseorang jadi kusam. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menghambat regenerasi kulit baru, terlebih seiringnya bertambah usia, kemampuan kulit untuk meregenerasi sel akan berkurang.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat kulit agar kulit tidak lagi menjadi kusam, sehat, dan bikin glowing. Yuk disimak tipsnya berikut ini.

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara teratur dapat mengatasi kulit yang kusam. Pakai pembersih wajah yang tepat sesuai jenis kulit untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk. Rutinitas ini perlu dilakukan minimal dua kali sehari agar kulit jadi bersih

Konsumsi Makanan yang sehat dan Air Putih yang Cukup

Gaya hidup sehat berperan dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Pastikan juga untuk selalu minum air putih setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Sinar UV yang langsung terpapar di kulit dapat merusak sel-sel kulit, mempercepat penuaan, memicu produksi melanin berlebih yang dapat menyebabkan kulit kusam.

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan UV, terlebih Anda berada di luar ruangan dalam waktu lama. Memilih tabir surya dengan SPF tinggi akan memberikan perlindungan optimal.

Eksfoliasi Kulit secara Teratur

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat wajam tampak kusam. Pakai scrub wajah yang lembut dan sesuai jenis kulit, lalu selama beberapa menit pijat wajah dengan lembut.

Lakukan eksfoliasi satu atau dua kali dalam seminggu untuk berikan hasil yang optimal.

Gunakan Masker Wajah yang Mencerahkan

Masker wajah adalah alternatif lain untuk mencerahkan kulit wajah. Gunakan masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti yogurt, madu, atau lemon yang memiliki sifat mencerahkan. Aplikasikan secara teratur, tunggu sampai 10-15 menit lalu bilas.

(jpg)

Exit mobile version