Site icon Prokalteng

Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu dan Pasanganmu Sangat Cocok

Tiga Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu dan Pasanganmu Sangat Cocok Satu Sama Lain (Pexels)

Saat sedang berkencan atau menjalani hubungan dengan seseorang, mungkin akan terasa menyenangkan jika mengetahui bahwa pasangan kita ternyata menyukai hal yang sama dengan apa yang kita sukai, seperti hobi atau minat. Pasti kita berpikir bahwa kita adalah pasangan yang cocok dan telah ditakdirkan.

Pemikiran tersebut rupanya tidak sepenuhnya salah. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa berbagi minat dan ketertarikan merupakan tanda kuat ketertarikan interpersonal.

Ketertarikan yang sama dapat membuat awal hubungan terasa mudah. Keselarasan ini menciptakan lingkungan harmonis di mana kedua pasangan merasa sinkron, saling memahami dan mendukung, sehingga memperkuat ikatan mereka.

Maka dari itu, melansir dari laman Psychology Today, Kamis (26/9), berikut adalah tiga tanda bahwa Anda dan pasangan Anda sangat cocok untuk satu sama lain.

  1. Selera musik yang sama

Musik memiliki cara yang ampuh untuk menyatukan orang-orang. Berbagi selera musik yang sama dengan pasangan bisa lebih dari sekadar kebetulan yang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi tanda kecocokan yang mendalam.

Ketika Anda berdua menyukai genre atau artis yang sama, itu menciptakan pengalaman bersama yang memperkuat ikatan Anda.

Sebuah penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menunjukkan bahwa ketika orang memiliki selera musik yang sama, itu sering kali berarti bahwa mereka memiliki nilai-nilai yang sama, yang akan membuat mereka lebih mungkin tertarik satu sama lain dan membentuk ikatan sosial yang kuat.

Ketika pasangan terhubung melalui lagu yang sama, itu menunjukkan bahwa mereka terhubung dengan emosional masing-masing. Kenikmatan bersama ini menumbuhkan rasa persatuan dan pengertian, sehingga lebih mudah menghadapi suka duka kehidupan bersama.

  1. Hobi yang sama

Indikator kuat lainnya bahwa Anda dan pasangan cocok satu sama lain adalah minat yang sama terhadap hobi. Baik itu minat dalam memasak, mengoleksi barang antik, atau berpetualang, terlibat dalam aktivitas serupa dapat meningkatkan hubungan Anda secara signifikan.

Sebuah penelitian pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam The International Journal of Applied Positive Psychology menemukan bahwa ketika pasangan berbagi semangat yang seimbang untuk aktivitas yang mereka lakukan bersama, emosi positif akan memperkuat hubungan mereka.

Aktivitas bersama ini memberikan kesempatan untuk mempererat hubungan dan menciptakan kenangan, yang dapat memperkuat hubungan Anda.

  1. Kepribadian yang mirip

Kepribadian memainkan peran krusial dalam seberapa baik dua orang bisa rukun, dan memiliki kepribadian yang serupa dapat menjadi indikator kuat bahwa Anda dan pasangan sangat cocok.

Sebuah penelitian pada tahun 2007 oleh para peneliti University of California menemukan bahwa pasangan dengan kepribadian yang sama cenderung memiliki pengalaman emosional yang sama.

Kesamaan emosional ini bertindak sebagai jembatan, membantu menjelaskan mengapa pasangan dengan kepribadian yang sama sering kali memiliki kualitas hubungan yang lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, pasangan yang kepribadiannya semakin mirip juga semakin mirip dalam pengalaman emosional mereka. “Konvergensi emosi” ini, di mana pasangan mulai merasakan dan menanggapi emosi dengan cara yang semakin mirip, dikaitkan dengan kepuasan hubungan yang lebih besar.(jpc)

Exit mobile version