Site icon Prokalteng

Sepuluh Pujian yang Sebenarnya Merupakan Penghinaan Terselubung

Ilustrasi orang yang sedang melakukan penghinaan terselubung. (Freepik/tirachardz)

Kita semua telah belajar bahwa jika Anda tidak dapat mengatakan sesuatu yang baik, jangan katakan apa pun sama sekali. Namun, beberapa orang malah mengabaikan nasihat bijak tersebut.

Mereka menyembunyikan komentar jahat mereka dengan senyuman atau nada suara yang manis, mereka memberikan pujian palsu dan menunjukkan kekurangan Anda. Mereka berpura-pura menyukai aspek kepribadian Anda yang sebenarnya tidak mereka sukai.

Namun, jika Anda perhatikan dengan saksama, Anda akan menyadari bahwa pujian mereka adalah hinaan terselubung. Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, sepuluh pujian yang sebenarnya merupakan penghinaan terselubung.

  1. “Kamu terlihat sangat menarik di usiamu”

Mengatakan kepada seseorang bahwa mereka begitu menarik di usia mereka adalah contoh klasik dari hinaan yang disamarkan sebagai pujian.Komentar tersebut menempatkan orang pada standar kecantikan yang kaku dan pada gagasan bahwa masa muda memiliki nilai yang lebih tinggi daripada usia. Komentar tersebut merupakan bentuk diskriminasi usia yang terselubung, karena pada dasarnya menyatakan bahwa orang yang lebih tua tidak semenarik orang yang lebih muda.

  1. “Pekerjaanmu lebih baik dari yang aku pikirkan”

Ketika seseorang mengatakan bahwa pekerjaan Anda lebih baik dari yang mereka harapkan, yang sebenarnya mereka katakan adalah bahwa mereka tidak menganggap Anda mampu sejak awal.Jenis penghinaan terselubung ini umum terjadi di tempat kerja, terutama ketika budaya perusahaan bersifat kompetitif dan berorientasi pada hasil.

  1. “Kamu punya selera gaya yang unik”

Pakaian yang kita kenakan merupakan bagian penting dari ekspresi diri kita. Cara seseorang berpakaian sering kali menunjukkan keyakinan, nilai, dan kepribadian yang dimilikinya.

Ketika seseorang mengatakan bahwa gaya Anda “sangat unik” atau pakaian Anda “sangat berbeda,” umumnya itu berarti mereka tidak menyukai apa yang Anda kenakan atau mereka tidak mengerti mengapa Anda memilih pakaian tersebut.

  1. “Saya harap saya bisa sesantai Anda”

Contoh lain dari hinaan yang disamarkan sebagai pujian adalah ketika seseorang berkata, “Andai saja saya bisa sesantai Anda.” Pernyataan ini mungkin awalnya tampak positif, tetapi pada kenyataannya, ini merupakan bentuk perbandingan.

Seseorang yang mengatakan hal ini sedang mengukur standar Anda dengan standar mereka dan menyadari bahwa Anda tidak memenuhi standar mereka. Sering kali, hal ini lebih merupakan cerminan mereka daripada Anda.

  1. “Aku tidak akan pernah bisa mengatasi masalah seperti yang kamu alami”

Bayangkan saat Anda sedang minum kopi dengan seorang teman yang sudah lama tidak Anda temui. Di satu moment, Anda membuka diri tentang kesulitan yang Anda hadapi.Apa pun masalahnya, Anda mengungkapkan kekhawatiran Anda, dan teman Anda menanggapinya dengan berkata, “Saya tidak akan pernah bisa mengatasinya.”

Ini adalah hinaan yang dibingkai sebagai pujian, yang seolah-olah mereka memuji Anda atas kekuatan batin Anda dalam situasi sulit. Namun, itu sebenarnya bukan respons yang penuh belas kasih atau dukungan.

  1. “Beruntung sekali kamu bisa tidak peduli dengan penampilanmu”

Seseorang yang mengatakan bahwa Anda tidak peduli dengan penampilan Anda karena Anda begitu hebat mungkin berpikir bahwa mereka memuji Anda, tetapi sebenarnya mereka menghina Anda.

Mereka memberi tahu Anda bahwa cara Anda berdandan membuat Anda tampak tidak terawat dan tidak perhatian. Penghinaan terselubung ini sering kali merupakan proyeksi tentang apa yang dianggap penting oleh orang lain terkait dengan penampilan mereka.

  1. “Aku suka caramu mengungkapkan apa pun yang ada di pikiranmu”

Keterusterangan adalah sifat yang dipuja-puja oleh pria tetapi cenderung dipandang rendah oleh perempuan. Ketika seorang pria mengatakan apa yang dipikirkannya, ia umumnya dipuji sebagai komunikator yang hebat.

 

Namun, ketika seorang perempuan melakukan hal yang sama, ia akan dianggap terlalu lantang. Jika seseorang mengatakan bahwa mereka menyukai cara Anda mengatakan apa pun yang Anda pikirkan, mereka mungkin sedang menghina Anda.

  1. “Kamu sangat berani”

Kata-kata ini sering diucapkan oleh orang-orang yang bermaksud baik tetapi tidak tahu bagaimana menanggapi seseorang yang sedang dalam situasi sulit.Ucapan itu seharusnya merupakan pujian tentang kekuatan dan ketahanan batin seseorang, tetapi sebenarnya merupakan penghinaan.

  1. “Kamu lebih pintar dari yang terlihat”

Pernyataan ini merupakan hinaan yang sangat kasar yang disamarkan sebagai pujian. Ketika seseorang mengatakan ini, berarti mereka membuat penilaian cepat tentang kecerdasan dan kemampuan Anda dan Anda melampaui apa yang mereka harapkan dari Anda.

  1. “Kamu sungguh inspiratif”

Contoh lain pujian yang sebenarnya merupakan hinaan terselubung adalah memberi tahu seseorang bahwa mereka inspiratif. Awalnya, hinaan ini mungkin membuat Anda merasa senang dengan diri sendiri.

Sementara orang yang mengatakannya mungkin ingin membuat Anda merasa percaya diri dan bangga. Namun, di balik pujian tersebut, ada rasa merendahkan.(jpc)

Exit mobile version