Site icon Prokalteng

Kecanduan Scrolling TikTok Tanpa Henti? Begini Solusinya

Ilustrasi kecanduan screen time. (Freepik)

DALAM era dunia digital seperti sekarang ini, mendapatkan informasi dan hiburan melalui genggaman tanganmu sudah menjadi hal yang lumrah.

Meskipun demikian, screen time berlebihan dapat mempengaruhimu dalam penggunaan yang tidak sehat, seperti scroll video di TikTok tiada henti tanpa istirahat.

Konten video TikTok yang menarik membuat pengguna terus terjebak dalam lingkaran scrolling dan melihat video tanpa batas.


Waktu yang terus berlalu membuat pengguna lupa akan kegiatan produktivitasnya dan bahkan bisa mengganggu kehidupannya seperti jam tidur yang berantakan.

Jika terus dibiarkan, kecanduan scroll konten video TikTok dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan mental atau bahkan secara keseluruhan di hidup kita.

Meskipun terlihat sepele, kecanduan scroll konten video TikTok ini dapat diatasi dengan menerapkan solusi-solusi yang efektif seperti:

  1. Membuat rencana aktivitas keseharian dan manajemen waktu yang efektif

Dengan membuat rencana aktivitas harian dapat membuat kamu bisa lebih mengontrol penggunaan alat elektronik, seperti ponsel dan penggunaan sosial media.

Kamu bisa mengalokasikan waktu yang spesifik seperti 15-30 menit untuk penggunaan aplikasi seperti TikTok.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang ada di ponsel mu seperti “screen time” atau waktu penggunaan layar yang lebih dibatasi.

Dengan mengontrol waktu mu, kamu bisa memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif.

  1. Buat pengalihan hiburan

Coba cari alternatif hiburan lain seperti membaca buku, mendengarkan musik, berolahraga, atau berinteraksi sosial secara langsung.

Kamu juga bisa mencari hobi baru atau menjalani aktivitas yang membuat dirimu bahagia.

  1. Detoksifikasi diri sendiri dari dunia digital atau teknologi

Dengan mendetoksifikasi diri dari dunia digital ataupun teknologi, dapat menjaga kesehatan mental kita dan mengurangi ketergantungan perangkat digital.

Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara menjadwalkan waktu untuk istirahat dari seluruh teknologi, seperti saat beberapa jam sebelum tidur atau seharian saat akhir pekan.

Dan alihkan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, menghabiskan waktu dengan keluarga, atau bahkan kamu juga bisa sekedar bersantai menikmati dunia secara langsung.

Detox dapat mematahkan lingkaran bagi kamu yang kecanduan dengan perangkat teknologi, sehingga membimbingmu ke arah keseimbangan hidup yang sehat antara dunia digital dan interaksi dunia langsung.

Kamu bisa melakukan semua cara ini dimulai dari sekarang. Taruh atau matikan perangkat milikmu dan patahkan lingkaran kecanduan yang berdampak buruk bagimu. Yuk Bisa! (jpg)

Exit mobile version