Site icon Prokalteng

Ribuan Pemuda Lamandau Nyatakan Siap Menangkan Hendra-Budiman

Calon Bupati Lamandau H.Hendra Lesmana dan Wakil Bupati H.Budiman, saat foto bersama Tim Suksesnya dan Pemuda Juara Kabupaten Lamandau. (FOTO: BIB/PROKALTENG.CO)

NANGA BULIK, PROKALTENG.CO – Ribuan pemuda di Kabupaten Lamandau yang berasal dari perwakilan berbagai kecamatan. Secara resmi memberi dukungan dan berikrar untuk memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Hendra Lesmana dan Budiman pada kontestasi Pilkada Lamandau 2024.

Pernyataan dukungan dan kesiapan memenangkan Hendra-Budiman disampaikan saat kegiatan Deklarasi Pemuda Juara, yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Desa Kujan, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, Rabu malam 23 Oktober 2024.

Dukungan para pemuda kepada paslon Hendra-Budiman didasari berbagai alasan. Mulai dari keberpihakan Hendra-Budiman terhadap pemuda yang tertuang dalam Visi dan Misi. Serta rencana program kerja yang diusung. Visi misi dan rencana program kerja Hendra-Budiman dinilai mampu mengakomodir keperluan pemuda di kabupaten Lamandau secara umum.

Tak hanya itu, saat menjadi Bupati Lamandau 2018-2023 lalu Hendra Lesmana juga dinilai memiliki keberpihakan nyata terhadap pemuda dengan berbagai program yang digulirkan, mulai dari pelatihan serta bantuan modal bagi enterpreneur muda dan wirausaha Pemuda Juara seperti pelatihan barbershop, pelatihan cuci helm dan cuci sepatu, pelatihan barista dan menggulirkan berbagai program bantuan modal usaha maupun alat kerja.

Tak hanya itu, Hendra Lesmana juga memiliki program pengembangan minat, bakat dan hobi pemuda. Serta memberi daya dukung keolahragaan baik olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi, termasuk program beasiswa untuk mahasiswa dengan berbagai kriteria.

Selain melanjutkan program yang sudah dilakukan pada periode sebelumnya, pasangan Hendra-Budiman dalam orasinya juga memastikan adanya rencana program unggulan kepemudaan yang lain, seperti Enterpreneur Muda. Program ini memberikan ruang bagi pemuda yang memiliki kemampuan di bidang usaha. Mereka bakal didorong menjadi Enterpreneur muda.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan di kalangan pemuda. Melalui workshop, mentoring, dan kompetisi bisnis, pemuda akan belajar tentang manajemen bisnis, pemasaran digital, dan inovasi produk.

 

“Hendra-Budiman juga mencanangkan Program Rumah Gen Z. Program tersebut fokus pada pengembangan bakat kreatif seperti seni, desain, fotografi dan videografi. Pemuda dapat berkolaborasi dalam proyek kreatif dan memamerkan karya mereka, termasuk lokakarya seni dan desain, pameran karya seni dan fotografi hingha proyek kolaboratif seperti pembuatan film pendek,” kata Hendra Lesmana.

Adapula Program Kepemimpinan Pemuda. Program ini dirancang untuk melatih pemuda dalam keterampilan kepemimpinan dan diplomasi. Pemuda akan belajar tentang isu-isu global, negosiasi, dan cara menjadi pemimpin yang efektif. Kegiatannya nanti berupa pelatihan kepemimpinan dan public speaking, diskusi panel dengan pemimpin komunitas.

Selanjutnya. Ada pula program Inisiatif Lingkungan dan Keberlanjutan. Program ini mengajak pemuda untuk terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan dan keberlanjutan. Fokusnya adalah pada edukasi dan aksi nyata untuk menjaga lingkungan. Kegiatannya nanti berupa kampanye kebersihan dan daur ulang, penanaman pohon dan penghijauan, workshop tentang energi baru terbarukan dan gaya hidup ramah lingkungan.

Hendra-Budiman juga mencanangkan program pengembangan teknologi dan inovasi. Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan keterampilan teknologi dan inovasi di kalangan pemuda. Pemuda akan belajar tentang coding, pengembangan aplikasi, dan teknologi terbaru. Kegiatannya berupa kursus coding dan pengembangan aplikasi, hackathon dan kompetisi teknologi serta esi mentoring dengan ahli teknologi.

Dalam hal daya dukung untuk Komunitas hobi dan minat, Hendra-Budiman juga memastikan akan memberikan ruang bagi pemuda untuk mengeksplorasi hobi dan minat mereka, seperti olahraga, musik, dan game. Tujuannya adalah untuk membangun, kompetisi game dan e-sports serta melanjutkan program Lamandau Games

“Dalam hal pendidikan, kami juga akan terus memberikan dukungan penuh untuk menunjang pendidikan formal dan non formal, selain bantuan beasiswa bagi mahasiswa berbagai kategori, akan dicanangkan pula program beasiswa bagi Hafidz Hafidzah, serta pelatihan berbasis sertifikasi, seperti pelatihan drone, fotografi, videografi, alat berat, dan lain-lain,” tuturnya.

Khusus daya dukung kegiatan pemuda, pasangan yang mengusung Juara Lanjutkan dan Tuntas Lamandau Juara itu berencana membuat Peraturan Daerah tentang Dana Kepemudaan yang khusus untuk menunjang aktifitas kepemudaan.

“Dana tersebut akan reguler tersedia setiap tahun untuk menunjang kegiatan-kegiatan kepemudaan dari mulai tingkat desa,” pungkasnya. (Bib)

Exit mobile version