Site icon Prokalteng

Lapas Narkotika Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi WBP

Petugas kesehatan, ketika memberikan pelayanan kesehatan bagi WBP di Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan, Senin (21/10). (LAPAS NARKOTIKA KASONGAN)

KASONGAN, PROKALTENG.CO – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan, Yurdani, melalui Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik, Eka Prayitno, menegaskan pentingnya menjaga kesehatan warga binaan selama masa pidana. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan narapidana tetap terjaga dengan baik.

“Selain pemeriksaan rutin, layanan kesehatan yang kami sediakan mencakup konsultasi medis, pengobatan bagi yang sakit, serta informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental,” ungkapnya saat diwawancarai pada Senin (21/10/2024).

Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menyediakan layanan kesehatan secara rutin. Dalam rangka itu, petugas kesehatan di Lapas melakukan pemeriksaan secara berkala, dibantu oleh dokter dari Puskesmas Kasongan II.

Banyak warga binaan yang menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pihak Lapas. Salah seorang narapidana menyatakan,

“Pelayanan kesehatan ini sangat membantu kami. Selain membuat kami merasa diperhatikan, juga menjadikan kami lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.”

Saat ini, Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan memiliki fasilitas kesehatan berupa satu unit poliklinik. Fasilitas ini didukung oleh empat petugas yang merupakan lulusan kompetensi perawat. Mereka bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, diwakili oleh dokter dari Puskesmas Kasongan II, yang melakukan kunjungan rutin untuk memastikan diagnosis kesehatan sesuai dengan prosedur operasional standar (SOP).

Eka Prayitno juga menjelaskan bahwa jika ada WBP yang mengalami gangguan kesehatan serius, dokter akan melakukan rujukan ke rumah sakit.

“Namun, untuk gangguan kesehatan ringan, mereka dapat dirawat di dalam Lapas,” tandasnya. (eri)

Exit mobile version