Site icon Prokalteng

Populasi Kepiting Menurun, Diskan Seruyan Siapkan Program Budidaya

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Halidah. Memperlihatkan kolam Bioflok di belakang Kantor Dinas Perikanan baru-baru ini. (Foto : Edy/Prokalteng.co).

KUALA PEMBUANG, PROKALTENG.CO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Perikanan (Diskan). Terus berupaya meningkatkan potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Seruyan. Salah satunya, dibuktikan dengan menyiapkan program pembudidayaan.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Seruyan, Halidah. Menyebutkan jika untuk kepiting di wilayah setempat saat ini populasinya mulai menurun. Oleh sebab itu, pihaknya pun harus menyiapkan program budidaya kepiting untuk mengatasi menurutnya populasi Kepiting.

“Kita ke depan akan menyiapkan program budidaya kepiting, karena kita lihat saat ini populasi Kepiting menurun. Permintaan yang banyak dengan harga yang tinggi membuat penangkap kepiting kalap, artinya saat kepiting bertelur ditangkap juga,” katanya, Rabu (19/6).

Halidah juga mengakui, meskipun Kabupaten Seruyan terkenal dengan potensi perikanan baik ikan sungai maupun ikan lautnya, termasuk udang laut dan kepiting. Namun, apabila kepiting yang bertelur juga ditangkap sehingga kepiting juga tidak bisa bereproduksi dan populasi pun ikut berkurang.

“Menangkap kepiting yang bertelur sebenarnya dilarang, karena kita harus memberikan kesempatan bagi kepiting itu untuk bereproduksi untuk memperbanyak diri,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah melalui Diskan juga berencana mempersiapkan program budidaya. Sehingga ke depannya, kepiting bertelur yang ditangkap itu bisa dibeli dan dibudidayakan oleh dinas perikanan. (ais)

Exit mobile version