Site icon Prokalteng

Ke Basarang, Pj Bupati Kapuas Serap Aspirasi Pembudidaya Ikan

Pj Bupati Kapuas H Darliansjah berdialog dengan kelompok pembudi daya ikan di Desa Basarang, Kecamatan Basarang, Senin (7/10). (Foto Ist)

KUALA KAPUAS, PROKALTENG.CO – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas H Darliansjah melaksanakan kunjungan kerja ke kawasan budi daya ikan patin sekaligus ramah tamah dengan kelompok pembudi daya ikan di Desa Basarang, Kecamatan Basarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan, Senin (7/10) sore.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendengarkan aspirasi dan permasalahan yang dihadapi oleh para pembudi daya ikan patin. Saat itu pj bupati juga berdialog dengan pembudi daya ikan. Dia menyampaikan, bahwa ingin program perikanan di Kapuas jadi maju dan ada program baik.

“Jabatan defi nitif saya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng. Maka dari
itu saya ingin program perikanan di Kapuas maju dan ada program baik yang bisa saya
tinggalkan untuk Kapuas,” ujar Darliansjah.

Khusus untuk Basarang, tegas dia, kiranya bisa didorong potensi ratusan kolam yang ada.
“Kami kolaborasi dengan UGM. Misalnya, dalam hal mendorong potensi usaha perikanan. Termasuk potensi di Basarang ini, akan kami dorong,” tegas dia.

Darliansjah berharap, hingga nanti suatu saat produksi patin di sini bisa sampai ekspor ke luar negeri. “Bagaimana membuat kawasan ini menjadi pembeda, punya ciri khas, menjadi penghasil ikan patin yang luar biasa. Nanti juga akan kita aktifkan BBI, tandem dengan Balai Budi Daya Air Tawar Mandiangin,” beber Pj Bupati Kapuas.

Setelah mendengarkan beberapa aspirasi dari masyarakat, Darliansjah menjelaskan, untuk
terkait perairan akan dilakukan kajian terlebih dahulu untuk melihat efektivitasnya. “Apakah lebih efektif di programkan di pihak ke tiga atau kita dorong keterlibatan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, Camat Basarang Eko Darma Putra menyampaikan terima kasih kehadiran langsung Pj Bupati Kapuas. Eko juga membeberkan potensi perikanan di wilayah Kecamatan Basarang. “Jumlah kolam di Desa Basarang, termasuk Desa Maluen juga, ada 645 kolam,” ungkap Eko.

Hadir saat acara, Kepala DKPP Kapuas Kusmiatie dan sejumlah kepala Kepala Perangkat Daerah lainnya di lingkup Pemkab Kapuas. Para pembudi daya ikan di desa setempat dan perangkat desa serta Tripika Kecamatan Basarang. (hmskmf/art/kpg)

Exit mobile version