Site icon Prokalteng

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Gumas Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

Sekda Gumas Richard FL sedang membuka kegiatan pelatihan di aula Bapperida, Senin (7/10). (FOTO : IST)

KUALA KURUN, PROKALTENG.CO – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengadakan pelatihan jurnalistik bagi kontributor konten di perangkat daerah setempat. Kegiatan ini sangat relevan mengingat era globalisasi telah mendorong peradaban manusia untuk memasuki dunia informasi yang nyaris tanpa batas.

“Di era keterbukaan informasi saat ini, kebutuhan akan informasi telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, termasuk dalam bidang pelayanan publik. Informasi mengenai aktivitas pembangunan daerah harus disebarluaskan secara efektif melalui berbagai media,” ungkap Sekretaris Daerah Gunung Mas, Richard FL, Senin (7/10).

Richard menambahkan bahwa media berperan penting dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah, yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemkab Gunung Mas telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan membangun media komunikasi online, yaitu website Multimedia Center Kabupaten Gunung Mas yang dapat diakses di (htpps://1/mmc.gunungmaskab.go.id).

“Website ini berfungsi sebagai wahana diseminasi informasi publik, pertukaran informasi, serta pelayanan informasi dan komunikasi publik. Ini merupakan salah satu inovasi penerapan e-government berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik dan tata kelola pemerintahan yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Gumas, Ruby Haris, menjelaskan bahwa pelatihan diikuti oleh 33 peserta, yang terdiri dari tim pengelola teknis website, tim admin website, dan kontributor konten. Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang dasar-dasar jurnalistik.

“Kami memberikan kemampuan kepada peserta untuk menulis berita online dengan baik dan benar sesuai kode etik jurnalistik, serta kemampuan membuat press release,” tandasnya. (nya)

Exit mobile version