Site icon Prokalteng

Serapan Tenaga Kerja di Barsel Harus Maksimal

Pj Bupati Barsel, Deddy Winarwan saat sidak ke Dinas Kominfo Barsel. (IST)

BUNTOK,PROKALTENG.CO-Sekda Barsel, Eddy Purwanto menyebutkan, penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Barsel sangatlah maksimal setiap tahunnya. Dengan potensi alam yang luar biasa, telah melahirkan prestasi yang cukup membanggakan di daerah berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus, disebabkan setiap tahunnya pemerintah setempat berhasil menekan angka pengangguran melalui penyerapan tenaga kerja.

“Ini semua berkat peran dari masyarakat,” kata Eddy Purwanto, baru-baru ini.

Sekda menilai, kemajuan dalam bidang penyerapan tenaga kerja selama ini tak luput dari peran serta masyarakat sendiri, dimana dalam majemuknya masyarakat, mampu menyamakan persepsi tanpa memandang asal, agama dan warna kulit, serta meningkatkan rasa toleransi.

Selain itu, masyarakat juga bisa menghilangkan sikap egois yang dapat merusak tatanan hidup bermasyarakat yang telah terjalin rapi, dalam bingkai kebersamaan.

“Yang pasti, pemberdayaan masyarakat yang tidak didasarkan rasa kesukuan dan agama merupakan kunci keberhasilan penyerapan tenaga kerja selama ini,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menggalakkan program yang sifatnya menumbuhkan kemandirian warga masyarakat. Bisa melalui program pengembangan usaha mikro yang dibawahi oleh teknis, terkait ataupun pelatihan serta pemberian modal usaha.

Hal itu, kata dia, membuat masyarakat mampu berwirausaha dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Pemerintah Kabupaten Barsel untuk saat ini, lanjut Eddy, bukan hanya akan memfokuskan pembangunan di perkotaan saja, namun juga lebih kearah pedesaan.

Hal tersebut, tambah Sekda, merupakan implementasi dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah, demi melaksanakan pembangunan serta pengentasan kemiskinan di pedesaan.

”Jadi ADD adalah siklus pembangunan, laporan evaluasi ser ta sejauh mana target akan dilaksanakan, bahkan gambaran pembangunan bukan hanya di kota, namun juga di desa,” ungkapnya. (ner/kpg)

Exit mobile version