Site icon Prokalteng

Apresiasi Pemindahan Pelabuhan Impor untuk Bangkitkan Kinerja Industri TPT

Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Mukhtarudin.

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengapresiasi, kebijakan Agus Gumiwang Kartasasmita yang berencana akan memindahkan pelabuhan masuk tujuh jenis barang impor ke Indonesia Timur.

Langkah, Menperin Agus itu dinilai Mukhtarudin sebagai strategi kompetitif guna meningkatkan barang-barang produksi industri dalam negeri.

Adapun barang-barang produksi tersebut meliputi tekstil dan produk tekstil (TPT), produk tekstil lainnya, elektronik, alas kaki, pakaian, keramik, dan produk kosmetik atau kecantikan.

Artinya, Mukhtarudin bilang Menperin Agus serius untuk membangkitkan kembali kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dalam negeri di tengah gempuran dari berbagai lini, baik dampak dari dalam dan luar negeri.

“Jadi, kebijakan ini tentu punya multiplier effect terhadap pertumbuhan sektor industri dan pengembangan daya saing,” imbuh Mukhtarudin Sabtu 31 Agustus 2024.

Untuk itu, Wakil Ketua Fraksi Golkar DPR RI ini berharap Kementerian Perindustrian selalu tetap konsisten dalam menjalankan kebijakan strategis dalam upaya pengembangan industri TPT nasional yang berdaya saing global.

“Apalagi, kita tahu road map dan kebijakan industri nasional, industri TPT merupakan sektor yang mendapat prioritas pengembangan karena memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia,” pungkas Mukhtarudin.

Diketahui, Menperin Agus Gumiwang yang merencanakan pemindahan pelabuhan tersebut sembari berharap produk dalam negeri akan mampu bersaing dengan barang impor, terutama dari sisi harga karena ongkos kirim dari Indonesia Timur jauh lebih tinggi.

“Ini bukan memperketat atau melarang barang impor masuk, tetapi memindahkan pintu masuknya ke dalam negeri. Setidaknya, ini berlaku untuk tujuh komoditas impor itu,” pungkas Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. ***

Exit mobile version