Site icon Prokalteng

Simak! Lima Kesalahan saat Tidur yang Memicu Jerawat

ilustrasi perempuan yang sedang tertidur. Sumber foto: Freepik

Jerawat menjadi pengalaman kurang menyenangkan bagi siapa pun. Namun, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya, jerawat selalu muncul di waktu yang salah.Entah itu harus menghadiri presentasi penting atau acara besar, jerawat di kulit dapat benar-benar merusak suasana hati Anda.

Mulai dari stres, pola makan tidak sehat, hingga penggunaan bahan kimia pada kulit, ada banyak alasan yang menyebabkan jerawat.Namun, ada satu hal yang dapat memicu jerawat, yang cenderung orang-orang abaikan.

Perlu diketahui bahwa pola tidur memengaruhi kondisi kulit dan sebenarnya dapat menyebabkan jerawat.Malam hari menjadi waktu terbaik untuk kulit karena selama periode ini, kulit akan pulih dan diremajakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dikutip dari Times of India, Kamis (26/9), berikut lima kesalahan saat tidur yang memicu jerawat.

Jarang ganti sarung bantal

Sarung bantal merupakan sumber kotoran dan debu karena memiliki lapisan yang menumpuk.Biasanya, kita menempelkan wajah pada sarung bantal dan bakteri yang ada pada sarung tersebut berpindah ke kulit, yang menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, pastikan mengganti sarung bantal seminggu sekali untuk mencegah jerawat.

Tidur dengan riasan

Sisa riasan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi, tidak peduli seberapa lelahnya Anda, gunakan pembersih riasan yang lembut untuk membersihkan riasan dan tidur dengan kulit bersih.

Tidur tengkurap

Mungkin terdengar agak aneh, tetapi tidur tengkurap dapat menyebabkan jerawat. Saat Anda tidur dalam posisi seperti ini, kulit bersentuhan langsung dengan sarung bantal dan ada gesekan di antara keduanya sepanjang malam.

Tidak membersihkan wajah dengan benar

Bahkan jika Anda tidak memakai riasan, kulit akan menumpuk banyak kotoran sepanjang hari. Pelembap, tabir surya, dan polusi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, penting menggunakan pembersih wajah pada malam hari sebelum tidur.

Juga, selalu cuci tangan dengan benar sebelum mengoleskan pembersih wajah ke kulit. Metode pembersihan ganda sangat berguna untuk mencegah jerawat.

Mengusap wajah dengan handuk kotor

Anda mungkin menggunakan pembersih dan cara yang tepat untuk kulit, tetapi jika menggunakan handuk kotor, itu akan menyebabkan jerawat.Handuk harus dicuci dan diganti secara teratur untuk menghindari jerawat karena merupakan tempat berkembang biaknya bakteri.Sediakan 2-3 handuk dan gunakan secara bergantian untuk memastikan kulit bebas jerawat.(jpc)

Exit mobile version