Site icon Prokalteng

DPRD Gumas Dorong Pemberdayaan UKM untuk Tingkatkan Ekonomi Lokal

Binartha (FOTO NYA)

KUALA KURUN, PROKALTENG.CO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengingatkan pentingnya perhatian terhadap pengusaha kecil dan menengah (UKM) di daerah. Mereka menilai bahwa pemberdayaan UKM dapat membuka peluang usaha dan menyerap tenaga kerja lokal.

Calon Ketua DPRD Gumas, Binartha, menyampaikan harapannya agar dinas terkait lebih proaktif dalam memberdayakan potensi UKM.

“Kami berharap para pelaku usaha UKM di wilayah Gumas mendapatkan perhatian yang lebih. Dengan demikian, peluang usaha yang ada dapat terserap dan secara otomatis akan menyerap tenaga kerja lokal,” ungkapnya, Rabu (2/10/2024).

Politisi dari Partai Golkar ini menekankan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat penting. Menurutnya, keberhasilan sektor UKM tidak hanya bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA), tetapi juga pada kualitas SDM yang ada.

“Para pengusaha harus memberikan kontribusi untuk daerah dengan mengembangkan SDM mereka. Ini akan membantu memanfaatkan SDA yang melimpah di daerah kita,” katanya.

Sebagai legislator yang mewakili daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Manuhing, Manuhing Raya, Rungan Barat, Hulu, dan Rungan, Binartha menegaskan bahwa keberadaan UKM di tengah masyarakat diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kemajuan ekonomi dan pembangunan daerah.

“Perlu digali dan ditingkatkan industri kecil, seperti kuliner dan kerajinan tangan, karena saat ini banyak yang mencari produk lokal daripada barang dari luar,” pungkasnya. (nya)

Exit mobile version