Site icon Prokalteng

Jokowi Minta TNI Harus Berkembang, Ingatkan Ancaman Siber hingga Geopolitik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginspeksi pasukan dalam upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Sabtu (5/10). (YouTube Sekretariat Presiden)

PROKALTENG.CO-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada TNI agar terus berkembang. Sebab, saat ini zaman terus berubah, sehingga berbagai aspek juga harus ditingkatkan.

Mulai dari ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), ancaman siber, situasi geopolitik hingga perang dagang. Tantangan ini harus ditangani TNI dengan baik.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-79 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).
geopolitik, perang ekonomi dan dagang harus disikapi dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” kata Jokowi.

TNI diminta bekerja sama dengan berbagai pihak. Seperti Polri maupun perguruan tinggi untuk meningkatkan pengetahuan.

“Harus mengikuti perkembang zaman, meningkatkan kapasitas dan profesionalis. TNI tidak bisa kerja sendiri, kolaborasi dengan penegak hukum dalam menjaga stabilitas, dengan perguruan tinggi untuk iptek,” jelas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat kepada TNI yang memasuki Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79. Menurutnya, TNI sudah menunjukkan kinerja yang baik.
“Terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI bagi rakyat, bangsa dan negara,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, selama menjabat presiden 10 tahun, melihat langsung kontribusi TNI kepada negara. Oleh karena itu, dia mengapresiasi kinerja TNI selama ini.

“10 tahun memimpin pemerintahan saya merasakan betul peran dan kontribusi TNI dalam menjaga kedaulatan negara dan menjaga persatuan dan stabilitas politik serta membantu menghadapi tantangan dan krisis,” jelas Jokowi. (jpc)

Exit mobile version