Site icon Prokalteng

Tips Meningkatkan Kebugaran Tubuh Seusai Bangun Tidur Agar Meningkatkan Produktivitas

Ilustrasi seseorang yang bangun tidur di pagi hari untuk memulai kebiasaan produktif./(Freepik)

Cara memulai hari yang cerah saat bangun dari tidur yang paling mudah dilakukan. Biasanya ketika di pagi hari seseorang akan cenderung bermalas-malasan akibat masih mengantuk sehingga menghambat produktifitas.

Belum lagi saat terbangun dan tubuh terasa lelah dan pegal-pegal salah satunya akibat jam tidur yang berantakan.Oleh sebabnya inilah tips meningkatkan kebugaran tubuh seusai bangun tidur agar meningkatkan produktivitas.

  1. Latihan meregangkan tubuh

Aktivitas ini membantu tubuh agar lebih siap dalam beraktifitas di pagi hari. Seperti yang dikatakan Healthline, bahwa peregangan tubuh dapat membantu melancarkan aliran darah ke otot yang kaku seusai terbaring dari tempat tidur. Selain itu tindakan ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, fleksibilitas, hingga mengurangi resiko cidera akibat aktivitas berat seharian.

  1. Berolahraga walau sebentar

Walau melakukan kegiatan olahraga selama 10 menit namun kontribusi ini dapat membawa dampak yang luar biasa bagi tubuh.Dikutip dari Henry Ford Health bahwa olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah hingga memproduksi hormon yang mampu meningkatkan suasana hati.

  1. Jangan bermain ponsel

Memutuskan untuk tidak menggunakan ponsel saat hendak tertidur adalah cara terbaik demi meningkatkan kualitas tubuh yang lebih prima. Dilansir melalui Healtline, bahwa penggunaan ponsel dapat menyebabkan terpaparnya cahaya biru yang dapat mencegah otak menstimulasi hormon untuk memberi pertanda untuk tidur.

  1. Tentukan jam tidur yang benar

Dilansir melalui Henry Ford Health bahwa menentukan waktu tidur dengan mematikan segala sumber cahaya yang ada dalam ruangan adalah cara terbaik agar menjaga siklus tidur yang lebih berkualitas.

Pasalnya selain dapat lebih merilekskan tubuh namun beristirahat dengan mematikan daya lampu juga mampu menstimulasi otak bahwa momen tersebut adalah waktu yang tepat untuk beristirahat.

  1. Mencuci wajah di pagi hari

Masih dilansir melalui sumber yang sama bahwa kegiatan membasuh wajah seusai bangun tidur adalah cara terbaik mempersiapkan hari yang cerah.Terlebih manfaatnya yang dapat membuat pori-pori wajah menjadi lebih kencang yang juga membantu menjaga elastisitas kulit.

  1. Minum setidaknya segelas air putih

Memulai hari dengan mengkonsumsi air putih menjadi kebiasaan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.Hal ini dikarenakan manfaat air putih sendiri yang dapat mengisi cairan tubuh agar tetap bugar sekaligus melancarkan sistem metabolisme.(jpc)

Exit mobile version