Site icon Prokalteng

Diskominfosantik Kalteng Tingkatkan Kapasitas KIM Melalui Kelas Belajar

Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi saat menyampaikan sambutannya. (MMCKALTENG)

PROKALTENG.CO – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfosantik Kalteng) mengadakan Kelas Belajar (Kebal) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Komunikasi Publik. Kegiatan ini berlangsung di Meeting Room Hotel Fave Kuta Kartika Plaza, Bali, selama dua hari pada 17-18 Oktober 2024.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi. Dalam sambutannya, Agus menekankan pentingnya keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat.

“KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Untuk itu, pemberdayaan KIM sangat diperlukan guna mengembangkannya,” tuturnya.

Agus menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rencana aksi Diskominfosantik Kalteng untuk mendukung pemberdayaan KIM melalui program kelas belajar.

“Pilihannya untuk menyelenggarakan kegiatan ini di Bali bukan tanpa alasan. Bali kaya akan budaya dan tradisi yang unik, memberikan konteks yang menarik untuk memahami bagaimana informasi dikomunikasikan dalam masyarakat yang beragam,” ungkapnya.

Sebagai salah satu destinasi wisata internasional, Bali menjadi studi kasus yang tepat untuk melihat peran informasi dan media dalam mempromosikan pariwisata dan membangun citra daerah. Agus juga menyoroti perkembangan teknologi informasi yang mengakibatkan transformasi digital di Bali.

“Ini menjadi peluang untuk mempelajari bagaimana KIM beradaptasi dengan teknologi baru. Tingginya keterlibatan masyarakat dalam pemberdayaan KIM juga terlihat dari penggunaan media sosial dan platform digital,” tuturnya.

Sementara itu, Edi Juardi, Kepala Bidang Pemberdayaan Komunikasi Publik Diskominfosantik Kalteng sekaligus Ketua Panitia, menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan anggota komunitas dalam mengakses, mengelola, dan menyebarluaskan informasi.

“Kami ingin meningkatkan kemampuan SDM dalam informasi dan komunikasi publik serta para penggiat KIM di kabupaten/kota se-Kalteng agar dapat berperan sebagai mitra pemerintah dan bagian dari jaringan sistem informasi nasional,” katanya.

Peserta kegiatan terdiri dari pejabat dan staf Diskominfo, anggota KIM, serta penggiat KIM dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Diskominfo Provinsi Bali, Diskominfo Kota Denpasar, dan KIM Binaan Kota Denpasar.

Turut hadir dalam acara ini pejabat Eselon III Diskominfosantik Kalteng, pejabat fungsional Pranata Humas dari provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng, serta narasumber dan penggiat KIM dari Provinsi Kalteng. (mmckalteng)

Exit mobile version